get app
inews
Aa Read Next : Paslon Pilkada Probolinggo GH-RF dan ZR Mengaku Nomor Urut Yang Didapat Sesuai Harapan

Keunikan Perayaan Maulid Nabi di Probolinggo Dengan Sidomukti Amolod

Minggu, 29 September 2024 | 18:08 WIB
header img
perayaan sidomukti amolod saat berlangsung (foto : iNewsProbolinggo,id/Angga)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Perayaan maulid nabi pada umumnya, digelar dengan bersholawat dan melantunkan ayat suci Alquran. Namun di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo ini justru digelar sangat meriah, lengkap dengan lomba, tarian, fashion karnaval, dan kegiatan keagamaan lainnya, yang dikemas dalam acara Sidomukti Amolod.

Ketua Panitia, Mahrus Ali mengatakan, Sudomukti Amolod ini sendiri merupakan tradisi para penduduk lokal ketika memperingati perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Uniknya perayaan maulid nabi di Kelurahan Sidomukti ini, bukan hanya melantunkaan sholawat dan ayat suci Alquran saja. Namun ada juga festival dan Fashion Show Batik, yang merupakan salah satu ragam budaya penduduk lokal.

"Karena kami juga ingin melestarikan budaya batik, Budaya Rumah Sonduk itu ya, dan Budaya Maulid ini sendiri kepada generasi muda di Kelurahan Sidomukti ini, kami tidak ingin budaya batik sidomukti ini hilang bagitu saja tergerus zaman," terangnya, pada Minggu (29/9/2024).

Kemeriahan Sidomukti Amolod ini sendiri berlangsung sejak jumat (27/9/2024) kemarin, hingga minggu (29/9/2024) saat ini.

Dimana pada hari pertama pembukaan Sidomukti Amolod Festival ini dimeriahkan dengan penaampilan drumband, lalu tari gili sholawat, serta lomba Diba'iyah yang diikuti oleh seluruh RW di Kelurahan Sidomukti.

"Dan di hari ini, merupakan puncak acara Sidomukti Amolod Festival ini, dimana ada acara parade maulid, dengan parade gunungan, yang pesertanya juga seluruh RW di Kelurahan Sidomukti ini, dan itupun juga kami perlombakan," ujarnya.

Hal senada juga diucapkan oleh Staff Khusus Kepresidenan RI Noer Syamsi Zakaria, ia merasa bangga dengan digelarnya Sidomukti Amolod Festival ini.

Pasalnya, Sidomukti Amolod Festival ini baru pertama kali diselenggarkan semeriah ini."Karena kalau di tahun - tahun sebelumnya, kami warga Sidomukti ini memperingati maulid nabi tidak seperti ini, melainkan secara individual, atau ya merayakan sendiri - sendiri, di rumah masing - masing," ucapnya.

Oleh sebab itu ia bersama warga lainnya, saling berkoordinasi, dan akhirnya menemukan kesepakan, untuk menggelar Sidomukti Amolod Festival ini sebagai perayaan maulid nabi secara serentak, di Kelurahan Sidomukti ini.

"Menurut saya, kegiatan seperti ini sangat positif ya, karena kita juga bisa menjaga kelestarian budaya seperti batik sidomukti, dan ragam tarian lainnya, serta bisa mengangkat perekonomian masyarakat,"imbuhnya.

Bahkan kemeriahan dari Sidomukti Amolod Festival ini, juga mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, baik dari Kapolres Probolinggo, dan seluruh lapisan masyarakat lainnya.

"Kami berharap agar Sidomukti Amolod Festival ini, bisa menjadi agenda tahunan di Kelurahan Sidomukti ini sendiri, dan bisa lebih meriah lagi dari yang pertama kali ini," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut