get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

Progam Jaga Kebersihan Jadi Andalan Desa Duren Ikuti Lomba Desa Bersih

Kamis, 15 Agustus 2024 | 13:46 WIB
header img
tim penilai saat melakukan pemantauan (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Desa Duren, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo mendapat kunjungan dari tim penilai lomba desa bersih pada Selasa (13/8/2024) pagi. Kedatangan tim guna melakukan penilaian sebelum menentukan pemenang.

Sekretaris Desa Duren Abdurrahman mengatakan, sejatinya pihaknya sama sekali tidak melakukan persiapan apapun untuk mengikuti lomba desa bersih tersebut. Dikarenakan desa memang memiliki progam jaga kebersihan.

Dimana progam tersebut dijalankan oleh perangkat dan warga. Sehingga setiap harinya kantor serta halaman rumah warga selalu bersih. Selain itu, perangkat juga memberikan pelayanan terbaik kepada warganya. 

"Jadi setiap hari kantor desa ini bersih, warga yang datang ke sini dilayani dengan baik, sehingga merasa nyaman dan tenang," paparnya.

Sementara itu, Tim penilai lomba Nur Hadi Purwanto menjelaskan, ada 19 desa di Kecamatan Gading yang mengikuti lomba desa bersih ini. Nantinya akan terbagi menjadi beberapa kategori, meliputi kategori bersih, sedang dan kategori desa yang memerlukan pembenahan.

Kemudian penilaian berdasar kepada kebersihan ruangan di kantor desa,  estetika ruangan, kenyamanan ruangan, serta kelengkapan struktur organisasi pemerintah desa yang harus ada dan tertempel dengan baik.

"Ini penilaian putaran ke dua, tujuan penilaian mendapatkan desa terbersih, yang nantinya akan kita klasifikasi satu, dua dan tiga," akunya.

Ia berharap dalam lomba ini bisa mendapatkan desa terbersih drngan nilai maksimal. Dan dari pengamatannya Desa Duren sudah memberikan prestasi yang maksimal.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut