get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Desa Selogudig Wetan Rayakan Tahun Baru Islam Dengan Pawai Obor

Desa Banjarsari Kukuhkan Dasawisma Untuk Percepat Progam Kesejahteraan Masyarakat

Rabu, 10 Juli 2024 | 16:12 WIB
header img
Proses pengukuhan Dasawisma (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo  membentuk dan mengukuhkan Dasawisma Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) setempat, Rabu (10/7/2024).

Pengukuhan digelar di aula Kantor Desa Banjarsari, yang dihadiri Ketua TP PKK Kecamatan Sumberasih, Ketua TP PKK Desa Banjarsari, dan pendamping desa Kecamatan Sumberasih.

Kepala Desa Banjarsari Moch. Abdul Wahid mengatakan, sebelumnya, pihak desa sudah memiliki tiga Dasawisma percontohan, yakni di Rt 1, Rt 17 dan Rt 25. Dan pengukuhan kali ini untuk memperlengkap kebutuhan Dasawisma.

Dimana untuk saat ini pihaknya mengukuhkan 37 orang Dasawisma, sesuai dengan jumlah Rt + Rw yang ada di desa setempat. Setiap orang dari mereka akan menaungi 10 hingga 20 rumah. 
"Harapannya nanti mereka dapat membantu progam pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat," terangnya.

Ia juga berpesan kepada para Dasawisma untuk saling bahu membahu atau tolong menolong dalam peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Semoga TP PKK lebih maju lagi, mampu meningkatkan kualitas untuk hidup sehat dan bersih," pesannya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Sumberasih Endang Agus Setijono menjelaskan, semua desa di Kecamatan Sumberasih sudah memiliki Dasawisma, hanya saja ada beberapa yang masih belum memiliki kegiatan.

Karena itu, pihaknya mengapresiasi adanya pengukuhan tersebut. Dan itu merupakan momentum bagi TP PKK untuk menghidupkan kembali gerakan dari Dasawisma.

"Dasawisma ini sebagai kepanjangan tangan pemerintah untuk bisa menjalankan progam-progam yang telah direncanakan," paparnya.

Daswisma sendiri, lanjut Endang, memiliki makna 10 rumah, Dasa itu 10 dan Wisma adalah rumah. Dengan begitu masing-masing orang dari Dasawisma ini akan menanungi 10 rumah untuk menyampaikan progam dari pemerintah.

"Jadi mereka menjadi motivator untuk hidup sehat, dan ini juga bisa meminimalisir atau mencegah timbulnya stunting," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut