get app
inews
Aa Read Next : TK Cahaya Hati Glagah Gelar Purna Siswa Dengan Sederhana, Ini Alasannya

Jelang Hari Raya Idul Adha, Disperta Kabupaten Probolinggo Perketat Pemeriksaan Hewan Kurban

Sabtu, 15 Juni 2024 | 16:01 WIB
header img
Proses pemeriksaan hewan ternak oleh tim kesehatan Disperta Kabupaten Probolinggo (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo memperketat pemeriksaan kesehatan hewan kurban, baik di pasar, pedagang maupun pemilik hewan ternak. Hal itu guna memastikan hewan sehat saat di kurban Hari Raya Idul Adha

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) pada Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, sudah ada puluhan ekor kambing dan ratusan ekor domba yang dilakukan pemeriksaan.

Dari hewan-hewan tersebut ada dua ekor domba yang matanya terkena debu sehingga perlu dilakukan isolasi dan diberikan pengobatan.

"Kemudian diberikan surat tempat penjualan hewan sementara dan keterangan sehat hewan," katanya, Sabtu (15/6/2024)

Niko menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa ternak yang dijual oleh para pelaku usaha dalam kondisi sehat dan layak untuk dijadikan ternak kurban. Selain itu, memberikan KIE kepada pelaku usaha agar tetap menjaga kebersihan, sanitasi tempat penjualan. 

"Harapannya dari kegiatan ini ternak kurban khususnya di wilayah Kabupaten Probolinggo dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi," ucapnya. 

Niko menambahkan, jika harga hewan ternak khususnya kambing lebih murah tahun ini dibandung tahun sebelumnya. Dimana jika sebelumnya, diharga Rp 4-5 juta, sementara sekarang sudah bisa diharga Rp 3-4 juta.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut