get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

Sering Banjir Saat Hujan, Pemdes Jabungsisir Bangun TPT pada Anggaran Tahap Pertama 2024

Jum'at, 07 Juni 2024 | 21:32 WIB
header img
Kades Hosen (kanan) saat memantau proses pembangunan TPT (foto : iNewsProbolinggo.id/doni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa Jabungsisir, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di anggaran tahap pertama 2024. Itu dilakukan guna mengantisipasi datangnya banjir saat musim hujan.  

Kepala Desa Jabungsisir Hosen mengatakan, jika TPT itu dibangun sesuai dengan usulan dan permintaan warga saat Musyawarah Desa (Musdes). Dimana masyarakat sudah mengeluhkan adanya banjir yang sering terjadi ketika musim hujan tiba.

Berangkat dari itu, pihaknya segera melakukan perencanaan untuk melakukan pembangunan TPT yang berlokasi di Dusun Krajan tersebut. Dengan panjang TPT mencapai 200 meter.

"Sejatinya rencananya di 2025 baru akan dibangun, tapi karena mendesak maka kita bangun di 2024, tentunya melalui musdes," terangnya, Kamis (6/6/2024)

Pada 2024 ini pihaknya juga merencanakan pendirian ataupun pembangunan wisata pantai. Dan pihaknya sudah menyiapkan rancangan yang diperlukan pada pembangunan tersebut.

"Harapannya nanti ada bantuan penunjang seperti jasmas ataupun bantuan lain, karena untuk DD ataupun ADD tidak cukup mampu," ucapnya.

Pembangunan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat sekitar. Salah satunya Abdul Hamid, yang mengaku senang dengan adanya pembangunan TPT tersebut. Ia menilai, TPT yang dibangun sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Ini mencegah kebanjiran, kalau sebelumnya banjir terus karena tidak ada temboknya (TPT, red)," katanya.

Karena itu ia mengucapkan banyak terimakasih kepada kepala desa yang telah sigap membangun. Semoga ke depan lebih banyak pembangunan lagi.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut