get app
inews
Aa Read Next : TK Cahaya Hati Glagah Gelar Purna Siswa Dengan Sederhana, Ini Alasannya

Dishub Kota Probolinggo Gratiskan Uji KIR Ini Syaratnya

Sabtu, 18 Mei 2024 | 18:09 WIB
header img
Kantor Dishub Kota Probolinggo ( Foto : iNewsProbolinggo.id/ Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) kota Probolinggo akan membebaskan biaya uji KIR gratis ke bus wisata study tour, guna antisipasi kecelakaan bus.

Uji KIR gratis itu akan dilakukan H- 1 pemberangkatan kegiatan study tour untuk sekolah, dan instansi pemerintah. Upaya itu dilakukan untuk pendektesian soal uji kelayakan bus yang hendak dipakai termasuk pemeriksaan sopir.

Kepala Dishub kota Probolinggo, Agus Efendi mengatakan, pemeriksaan kelayakan jalan (ramp check) akan kami lakukan  sebelumnta kami segera mengirim surat ke dinas dinas terkait dan sekolah, pemeriksaan nantinya ternasuk driver (sopir). Rabu (15/05/24).

"kami akan kirim surat kepada dinas pendidikan dan Perusahaan Otobus (PO) wisata yang isinya akan dilakukan uji KIR H-1 pemberangkatan termasuk pengecekan untuk sopir," jelas Agus Efendi.

Kepala Dishub juga menambahkan, bahwasannya uji KIR itu tidak dipungut biaya, kita berikan secara gratis.

"Kita juga akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Proboliggo kota, Sekwan DPRD, dinas pendidikan, dan Organisasi angkutan Darat (Organda) sebagai tindak lanjutnya," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Organda Tomy Wahyu Prakoso menjelaskan, Program Study tour itu memang diharapkan khususnya para siswa disekolah, cuma ada beberapa catatan yang harus diperhatikan terkait sewa menyewa kendaraan.

"Jadi Guru selaku penyelenggara harus memperhatikan betul kendaraan yang akan digunakan karena berkewajiban penuh untuk menjaga keselamatan, maka dari itu sewa angkutan umum yang resmi, dan layak pakai dengan memeriksa kartu pengawasan (Kps).

Dari Kps kita bisa melihat masa berlaku kelayakan kendaraan, kalau sudah nggak layak, ya jangan di pakai," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut