get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Peserta Wisudawati SOTH Desa Pendil Terdiri Dari Ibu Balita dan Ibu Hamil, Ini Targetnya

Kamis, 25 April 2024 | 13:23 WIB
header img
Pelaksanaan wisuda SOTH Desa Pendil (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo melaksanakan kegiatan wisuda Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH). Para orang tua hebat itu ditargetkan mampu meningkatkan pola asuh terhadap anak.

Kegiatan yang diprakarsai TP PKK itu digelar di Kantor Desa Pendil, Kamis (25/4/2024) pagi. Dihadiri oleh Forkopimka, TP PKK Kecamatan Banyuanyar, jajaran pemerintah desa, TP PKK Desa Pendil dan seluruh elemen masyarakat setempat.

Kepala Desa Pendil Ir. Mahfud mengatakan, ada sekitar 20 orang yang dilakukan wisuda pada saat itu. Puluhan ibu-ibu itu berasal dari lima dusun berbeda, sesuai dengan jumlah dusun yang ada di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar. 

"Jadi setiap dusun ada wakilnya, kita juga mengambil dari perwakilan dari kader posyandu," terangnya.

Sebelum di wisuda, lanjut Mahfud, puluhan orang tua hebat ini menjalani pembelajaran atau pelatihan khusus selama 13 kali pertemuan. Mulai pembelajaran cara mengasuh anak dengan baik, hingga menjaga kesehatan anak dengan baik.

"Harapan dengan progam ini nantinya akan meningkatkan pola asuh anak, dan menuntaskan angka stunting," katanya.

Sementara itu, Camat Banyuanyar Hari cahyono menjelaskan, jika di Kecamatan Banyuanyar sendiri ada 14 desa, dan 7 desa lainnya sudah melaksanakan SOTH. Sedangkan desa-desa lainnya masih dalam proses untuk melakukan wisuda SOTH.

SOTH tersebut bertujuan untuk merefresh kembali ibu-ibu hamil dan ibu yang mempunya balita, agar nantinya tepat dalam melakukan pola asuh terhadap balitanya. 

"Penekanannya itu agar ibu bisa mendidik anak dengan baik tanpa kekerasan," ucapnya.

Ia berharap ilmu yang didapat saat ini bisa dikembangkan dan diterapkan di kehidupan sehari-hari. Mulai dari anak, keluarga terdekat hingga tetangga, sehingga nantinya semua bisa mengetahui tentang pola asuh anak yang baik.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut