get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Pastikan Pelayanan Optimal, Disperta Kabupaten Probolinggo Cek Rumah Potong Hewan

Rabu, 24 April 2024 | 18:16 WIB
header img
Proses pengecekan RPH oleh Disperta (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo melakukan pengecekan terhadap fasilitas Rumah Potong Hewan (RPH). Hal itu guna memastikan pelayanan di RPH berjalan optimal.  

Pada pengecekan yang dilakukan pada Selasa (23/4/2024) itu dilakukan pada lima RPH di Kabupaten Probolinggo. Meliputi RPH Krejengan, Gading, Maron, Banyuanyar dan RPH Leces.

Plt Kepala Disperta Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana sarana prasarana yang ada di RPH untuk dioptimalkan di kemudian hari, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga  bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melihat sejauh mana optimalisasi instalasi air limbah yang ada di RPH.

"Sehingga diharapkan adanya masukan dari DLH terkait dengan lingkungan RPH maupun instalasi pengolahan air limbah RPH supaya bisa lebih baik lagi kedepannya," katanya, Rabu (24/4/2024)

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Disperta setempat drh. Nikolas Nuryulianto mengharapkan para pelaku usaha yang masih memotong di rumah agar segera kembali memotong hewan milik pemerintah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ia juga berharap di kemudian hari RPH di Kabupaten Probolinggo semuanya memiliki sarana prasarana dan SDM serta instalasi pengolahan air limbah yang sesuai dengan ketentuan. 

"Sehingga pelayanan RPH ini bisa optimal dan sesuai dengan higiene sanitasi kesehatan masyarakat veteriner," ucapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut