get app
inews
Aa Read Next : Masuk Semifinal AFC 2024, Ini Sejumlah Tempat Nobar Timnas Indonesia di Probolinggo

Resmi Dikelola Pihak Ketiga, Wisata Pantai Bentar Probolinggo Akan Dipoles Jadi Wisata Internasional

Senin, 08 April 2024 | 22:17 WIB
header img
Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto (iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Wisata Bentar Beach, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo resmi dikelola PT. The Lawu Group. Dibawah pengelolaannya, wisata yang dikenal dengan nama Pantai Bentar itu akan dipoles melalui tiga tahap hingga menjadi wisata go internasional.

Hal itu diungkap General Manajer The Lawu Group Ahmad Ridho saat melaunching wisata Bentar Beach, Senin (8/4/2024). Di kesempatan itu, Ridho menjelaskan untuk tahap pertama akan melakukan penataan ulang agar lebih cantik, bersih dan fresh.

Kemudian untuk tahap kedua, akan kembali merenovasi dan mengatifkan wahana bermain yang ada di dalam. Mulai dari wahana pemandian anak, water park, water sport dan pengadaan kapal untuk bisa menyebrang ke pulau gili ketapang.

"Ada lagi pulau tak bernama yang akan kami aktivasi lagi, kami beri nama pulau cinta, itu akan kami jadikan wisata juga," terangnya.

Selanjutnya,  pada tahap ketiga akan dibangun sebuah contage atau penginapan yang turut menyediakan tempat istirahat dan meeting room. Termasuk mendirikan rumah makan serta oleh-oleh khas Probolinggo. Semua itu akan dibangun dalam waktu sekitar 3 tahun, dengan anggaran puluhan miliar.

"Untuk pusat oleh-oleh kami akan gandeng UMKM setempat, dan untuk meramaikan kami akan gandeng para travel," ucapnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menjelaskan, jika pada pengembangan wisata ini, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan PT The Lawu Group sebagai pihak ketiga, dengan kontrak 20 tahun. 

Pada kerjasama ini, pihaknya mendapat keuntungan berupa penyetoran PAD dari pihak ketiga kepada Pemkab Probolinggo. Tanpa harus pemkab mengeluarkan biaya operasional lain.

"Tadi sudah dikonsepkan, di depan secara perlahan tadi beberapa hal sudah dibenahi alhamdulilah, kita doakan sudah," jelasnya. 

Ugas menambahkan, jika kerjasama ini mengawali kerjasama pemkab untuk urusan wisata yang dapat menyumbang PAD. 

"Kita serahkan semua kepada ahlinya yaitu pihak ketiga, dan PT The Lawu Group dapat meyakinkan kami dalam pengelolaan wisata," ucapnya.

Ia berharap, dengan kerjasama ini PAD Pemkab Probolinggo terus bertambah, mengingat pemkab sudah tidak perlu mengeluarkan uang operasional pada sektor pariwisata, khususnya Pantai Bentar.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut