get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Atasi Kesenjangan, Pj Bupati Pantau Kehidupan Warga Paling Ujung Tenggara Probolinggo

Minggu, 10 Maret 2024 | 22:44 WIB
header img
Pj Bupati Pantau Kehidupan Warga (Foto: iNewsProbolinggo.id/Ahmad Didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Untuk mengatasi kesenjangan masyarakat di wilayah Kabupaten Probolinggo, PJ Bupati Probolinggo Ugas Irwanto pantau langsung kehidupan warga di wilayah paling ujung tenggara Probolinggo tepatnya di Dusun Tanah Merah, Desa Batur, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Minggu (10/3/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto didampingi Pj Ketua PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto bersama Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardan, Perwakilan Kodim 0820/ Probolinggo, serta seluruh Kepala OPD Pemkab Probolinggo turun langsung ke lokasi menggunakan sepeda motor.

Dusun Tanah Merah, Desa Batur tersebut berada paling ujung tenggara di Kabupaten Probolinggo. Wilayah tersebut hanya bisa diakses menggunakan sepeda motor dengan lebar jalan hanya setapak, serta medan yang ekstrem dan bebatuan sejauh kurang lebih 4 kilometer dari jalan desa.

Dalam kunjungan Pj Bupati Probolinggo tersebut ada beberapa hal yang diusulkan oleh warga Dusun Tanah Merah, Desa Batur tersebut diantaranya, warga meminta untuk akses jalan diperbaiki sehingga warga bisa dengan mudah untuk melakukan aktifitas sehari - hari dan perekonomian bisa lebih meningkat.

Kedua warga meminta untuk pembebasan lahan, pasalnya rumah yang mereka tempati saat ini merupakan tanah milik Perhutani, ketiga warga meminta agar diwilayah tersebut ada sarana Pendidikan berupa bangunan sekolah sehingga kedepan anak - anak disana bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Keempat, warga meminta untuk fasilitas kesehatan di Dusun tersebut lebih dimaksimalkan dengan melakukan kunjungan oleh tim kesehatan setiap minggunya, pasalnya saat ini dengan jalan yang rusak dan jarak yang jauh, saat warga sakit kesulitan untuk berobat.

Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan sangat bahagia bisa memantau langsung dan bertemu dengan warga yang ada di paling ujung tenggara Kabupaten Probolinggo, terkait diskusi dan usulan warga akan menjadi PR besar bagi Pemerintah Kabupaten Probolinggo terutama dibidang pendidikan dan perbaikan jalan.

"Jalan ini nantinya yang akan kita kelola secara maksimal karena selama itu masih wilayah Kabupaten Probolinggo, kita tetap bertanggung jawab untuk proses itu. Sehingga kedepan ketertinggalan dan kesenjangan masyarakat sini tidak terlalu jauh dengan masyarakat yang ada di Pinggiran Kota," tandasnya.

Terkait pembebasan lahan milik Perhutani yang ditempati warga, pihaknya akan mengawal langsung dan akan melakukan kordinasi dengan pihak perhutani.

"Nanti kita bersama tim akan kawal langsung agar bisa diproses secepatnya," ucap Pj Bupati Ugas.

Satu sisi, ia sangat berkesan dengan medan yang dilalui menggunakan sepeda motor trail bersama rombongan namun ada sisi yang harus dibenahi yakni akses jalan sehingga dengan jalan yang layak perekonomian warga bisa lebih baik.

"Jika nanti akses jalan sudah lancar maka perekonomian disini akan lebih baik termasuk pendidikan dan kesehatan," tandasnya.

Sementara Kepala Desa Batur Ahmad Junaidi mengatakan, pihaknya selama ini kesulitan untuk bisa membangun daerah tersebut pasalnya tanah yang tempati warga serta jalan yang dilalui merupakan tanah milik Perhutani.

"Karena wilayah yang ditempati warga Dusun Tanah Merah, khususnya di RT 10 seratus persen merupakan tanah hutan, jadi kami sudah melakukan pengajuan untuk proses pembebasan lahannya tapi belum ada kepastian kapan selesainya," jelasnya.

Setelah hadirnya Pj Bupati Ugas bersama tim, ia berharap agar beberapa keinginan warga khususnya Dusun Tanah merah bisa terealisasi, baik dari Pendidikan, pembanguanan jalan, kesehatan dan program kesejahteraan masyarakat.

"Semoga itu semua bisa menjadi program prioritas dari pihak terkait," harapnya.

Ia sebagai Pemerintah Desa sangat bangga dengan hadirnya Pemimpin Kabupaten Probolinggo bisa hadir dan bertatap muka langsung dengan warga Dusun Tanah merah yang wilayahnya berada paling ujung tenggara di Kabupaten Probolinggo.

"Ini pertama kali pemimpin Kabupatrn Probolinggo hadir disini. Saya sampaikan kepada Bapak Pj Bupati, terima kasih banyak kehadiran dan waktunya, semoga sehat selalu," pungkas Kades muda berkharismatik tersebut.

Senada disampaikan salah satu warga Dusun Tanah merah, Desa Batur Nur Jannah merasa bahagia dan bangga atas hadirnya Pj Bupati ke wilayahnya. Ia yang merupakan seorang guru pembantu menginginkan bisa memiliki bangunan sekolah untuk anak - anak Dusun Tanah Merah.

"Disini belum ada bangunan sekolah, selama ini anak - anak belajar di Masjid dan proses belajar mengajar sudah lebih dari 10 tahun", ungkapnya.

Tak hanya itu, kehadiran Pj Bupati bersama rombongan juga memberikan paket sembako kepada 100 Kepala keluarga yang ada di Dusun Tanah Merah, Desa Batur, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut