get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Membumikan Budaya Asli Probolinggo, Ratusan ASN Berlatih Tari Glipang

Jum'at, 01 Maret 2024 | 18:58 WIB
header img
Ratusan ASN Pemkab Probolinggo saat berlatih Tari Glipang (Foto: iNewsProbolinggo.id/Ahmad Didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo dan berlatih Tari Glipang bersama di halaman Kantor Bupati Probolinggo, Jum’at (01/03/2024) pagi. Kegiatan tersebut untuk melestarikan budaya asli Kabupaten Probolinggo.

Latihan Tari Glipang bersama ASN tersbut diikuti oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto didampingi sejumlah Kepala OPD yang ada di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo dan perkantoran yang ada di wilayah Kecamatan Kraksaan serta Pimpinan Bank Jatim Cabang Kraksaan Siska Dian Permatasari.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan sebagaimana diketahui bersama bahwa kebijakan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo saat ini mewajibkan seluruh lembaga pendidikan yang ada di bawah naungan Pemerintah Daerah, salah satunya pelajaran ekstrakurikuler wajibnya adalah Tari Glipang.

“Oleh karena itu, kami di tingkat Kabupaten Probolinggo ini berfikir alangkah eloknya ketika kita para orang tua itu juga belajar bersama-sama Tari Glipang. Supaya suatu saat nanti, ketika ada demonstrasi dan lain sebagainya kita langsung bisa bergabung dengan anak-anak,” ucapnya.

Tentunya upaya tersebut juga akan menjadi kebanggaan bagi anak-anak bahwa para ASN di tingkat Kabupaten Probolinggo tidak hanya sekedar membuat kebijakan tetapi bagaimana kebijakan itu juga bisa dilakukan oleh semua para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Kebijakan ini dilakukan dalam rangka untuk melestarikan salah satu budaya yang dilahirkan di bumi Kabupaten Probolinggo. Harapan ke depan Tari Glipang ini menjadi sebuah nafas kesehariannya orang Kabupaten Probolinggo. Ketika sudah diputarkan musik Tari glipang mereka secara otomatis hati dan perasaannya bergerak mengikuti musik tersebut,” tandas PJ Sekda.

Ia berharap tari glipang ini nantinya bisa menjadi nafas keseharian orang Probolinggo. Ketika ada musik glipang, hati dan perasaannya bergerak mengikuti musik itu.

Usai melaksanakan latihan tari glipang, seluruh ASN melaksanakan Jalan sehat menggunakan metode jalan nordik dengan menggunaka dua tongkat sebagai sarana untuk berjalan sehingga semua tubuh bisa mengikuti.

Jalan sehat tersebut mengelilingi kantor Pemkab Probolinggo sektar 3 kilometer dan kembali lagi ke Halaman Pemkab Probolinggo.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut