get app
inews
Aa Read Next : Gelar Musrenbangdes, Pembangunan Jalan Jadi Prioritas di Desa Blimbing Probolinggo

Sejumlah Usulan Yang Tidak Dapat Terdanai Desa Warnai Musrenbang Kecamatan Pakuniran

Jum'at, 01 Maret 2024 | 15:29 WIB
header img
Kegiatan Musrenbang Kecamatan Pakuniran (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2024, pada Kamis (29/2/2024). Ada sejumlah usulan yang tidak bisa terdanai oleh desa dilayangkan.

Camat Pakuniran Imron Rosyadi menjelaskan, pada musrenbang kali ini ada beberapa usulan masyarakat yang perlu diback up dengan menggunakan dana pemerintah daerah atau provinsi. Diantaranya, usulan terkait pembangunan bendungan air yang ada di Desa Patemon Kulon.

Usulan ini dilayangkan, lantaran sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mulai dari mencegah adanya bencana banjir dan mencegah adanha kekeringan saat musim kemarau.

"Ini akan berdampak pada pertanian, bisa-bisa karena kekurangan air, sawah masyarakat di sejumlah desa terancam tidak bisa panen," terangnya.

Selain tanggul, ada pula usulan pengadaan sumur bor, serta usulan jalan penghubung desa. Dimana jalan tersebut merupakan akses utama masyarakat untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Termasuk aktifitas perekonomian masyarakat.

"Ini jalan penghubung antara Desa Glagah dan desa sebelahnya, karena ukurannya juga perlu pelebaran," ucapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat Agus Mulyanto mengapresiasi adanya musrenbang tersebut. Menurutnya, dengan kegiatan itu masyarakat dapat mengusulkan pembangunan yang tidak bisa dibangun desa.

"Banyak yang diusulkan, seperti lanjutan progam pipanisasi untuk saluran air, pembangunan tanggil dan normalisasi sungai," katanya.

Agus menganggap, semua yang diusulkan itu perlu dilakukan secepat mungkin. Apalagi usulan tersebut memang di luar dari kemampuan desa, sehingga perlu diback up pemda atau provinsi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut