get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Lestarikan Budaya, Pemdes Matekan Probolinggo Gelar Lomba Tarik Tambang Se-Kabupaten Probolinggo

Minggu, 07 Januari 2024 | 19:42 WIB
header img
Pertandingan Final tarik tambang Se-Kabupaten Probolinggo (foto : iNewsProbolinggo.id/Angga)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Untuk menjaga tali silaturahim dan melestarikan budaya Pemerintah Desa (Pemdes) Matekan, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo menggelar penutupan lomba tarik tambang antar desa se-Kabupaten Probolinggo di Desa setempat, Sabtu (6/1/2024) malam.

Dalam penutupan lomba tarik tambang tersebut dihadiri dan disuport oleh beberapa politisi yang ada di Kabupaten Probolinggo diantaranya Gus dr. Muhammad Haris yang akan maju sebagai Calon Bupati Probolinggo dan Intan Cahya Kurniasari dari Partai Golkar.

Puncak lomba tarik tambang tersebut juga dilakukan santunan kepada puluhan anak yatim dan pemberian hadiah kepada pemenang yang telah berjuang memperebutkan hadiah utama berupa sapi.

Kepala Desa Matekan, Danny Dilla Arifin mengatakan acara tounamen umum tarik tambang se-Kabupaten Probolinggo bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar desa dan mengadu kekuatan masing - masih peserta dari beberapa desa.

"Alhamdulillah acara ini juga ada dukungan dari Gus dokter Haris, Bapak Misbahun, Bapak Saifullah dan Mbak Intan dari Partai Golkar, kami ucapkan terima kasih atas dukungannya, beliau telah memberikan hadiah utama berupa sapi", ungkapnya.

Sementara, Gus dr. Muhammad Haris menyampaikan, tarik tambang merupakan budaya yang sangat digemari oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo dan kesempatan ini menjadi ajang berkumpul dan bersilaturahim serta para peserta bisa bertanding secara seportif.

"Nah ini sesuatu yang luar biasa membangun ukhuwah dan kebersamaan. Ini momen yang mungkin di Negara lain tidak dimiliki karena tarik tambang ini jarang sekali terjadi kericuhan dan lain sebagainya," ucap Gus Haris.

Ia berharap dengan adanya momen masyarakat bisa berkumpul bersama membangun ukhuwah ini hurus sering dilakukan, selain melakukan pembangunan khususnya di Desa Matekan ini.

"Karena Desa Matekan ini dalam infrastruktur masih butuh effort yang lebih untuk membangun infrastruktur yang ada disini, apalagi masyarakatnya mayoritas petani tembakau. Jadi dua ini bisa bisa dikembangkan secara bersama - sama baik infrastruktur maupun pertanian khususnya tembakau bisa dikembangkan secara bersama baik dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Desa", Tandasnya.

Senada disampaikan salah satu politisi dari Partai Golkar, Intan Cahya Kurniasari sangat mengapresiasi acara tersebut. Pasalnya acara tersebut merupakan acara tahunan yang rutin dilaksanakan di Desa Matekan karena acara ini merupakan suatu budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

"Harapannya kedepan dari tahun ke tahun bisa tambah ramai dan pesertanya juga semakin banyak", ungkapnya.

Ia bersama Saifullah dan Misbakhun akan terus mensuport acara tersebut tidak hanya berupa materi saja namun juga ikut mendukung terhadap Pemerintah Desa Matekan tersebut.

"Semoga acara ini menjadi ajang rutinan yang dilaksanakan setiap tahunnya", pungkas Intan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut