get app
inews
Aa Read Next : Gelar Ujian Bahasa Mandarin, SMA Nurul Jadid Diserbu Puluhan Peserta Luar Daerah

Terbuka, Bucor Wetan Gelar Sosialisasi dan Bentuk Panitia Seleksi Perangkat Desa

Rabu, 06 Desember 2023 | 11:28 WIB
header img
Pelaksanaan sosialisasi pengangkatan perangkat desa (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id -  Pemerintah Desa Bucor Wetan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, menggelar kegiatan sosialisasi pengangkatan perangkat desa untuk menjamin keterbukaan, pemdes juga membentuk tim panitia seleksi pengangkatan perangkat desa.

Kegiatan digelar di rumah kepala desa setempat, pada Selasa (5/12/2023) malam. Diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, yang didampingi Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pakuniran. 

Kepala Desa Bucor Wetan Ahmad Zaini mengatakan, untuk saat ini, jumlah perangkat desa yang bertugas hanya ada 3 orang saja. Padahal desa membutuhkan setidaknya 11 orang perangkat, yang meliputi kasi, kaur dan kasun.

Karena itu, pihaknya melaksanakan sosialisasi dan sekaligus pembentukan panitia penyaringan perangkat desa, agar perangkat desa yang telah direkrut memiliki kemampuan sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Jadi satu tahun kebelakang ini koordinasinya cuma 4 orang bersama saya (kades, red)," katanya.

Zaini menjelaskan, sejatinya kriteria perangkat desa sudah diatur dalam aturan yang berlaku. Hanya saja syarat yang paling utama yakni orang yang mau bekerja dan mengabdi pada desa.

"Semua untuk kemajuan desa, kalau tidak mau bekerja ya percuma," jelasnya.

Disamping itu, Camat Pakuniran Imron Rosadi menuturkan, sosialisasi pengangkatan perangkat desa ini berdasar pada kebutuhan pemerintah desa. Dimana di Desa Bucor Wetan saat ini sedang kekurangan perangkat desa untuk membantu jalannya roda pemerintahan.

"Ini bisa jadi barometer bagi kami, mana kala ada desa yang ingin mengangkat perangkat bisa berkaca pada Desa Bucor Wetan," tuturnya

Ia berharap, perangkat desa yang terpilih nantinya dapat membantu pelaksanaan dan kemajuan Desa Bucor Wetan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut