get app
inews
Aa Read Next : HUT Kemerdekaan RI, Muhammad Zaini Anggota DPRD Kibarkan Bendera bersama Ratusan Pemuda Pandaan

Ini Dia Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30 Tahun

Rabu, 08 November 2023 | 10:56 WIB
header img
Foto: Okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Usia 20-an adalah masa yang penuh perubahan dan peluang. Pada masa ini, banyak orang mulai merintis karier, menjalin hubungan, dan merencanakan masa depan. Namun, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, tidak mudah untuk menentukan apa yang harus dilakukan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebelum usia 30 tahun untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan:

  1. Temukan tujuan hidupmu

Hal terpenting yang harus kamu lakukan sebelum usia 30 tahun adalah menemukan tujuan hidupmu. Apa yang ingin kamu capai dalam hidup? Apa yang membuatmu bahagia? Ketika kamu tahu tujuan hidupmu, kamu akan lebih termotivasi untuk mencapainya.

  1. Bangun kariermu

Jika kamu sudah tahu apa yang ingin kamu kerjakan, saatnya untuk membangun kariermu. Mulailah dengan mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Jika perlu, kamu juga dapat melanjutkan pendidikan atau pelatihan untuk meningkatkan keterampilanmu.

  1. Belajar mengelola keuangan

Keuangan adalah salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan. Mulailah belajar mengelola keuangan sejak dini agar kamu tidak mengalami kesulitan di masa depan. Pelajari cara menghemat uang, berinvestasi, dan mengelola hutang.

  1. Membangun hubungan yang sehat

Hubungan yang sehat dengan keluarga, teman, dan pasangan sangat penting untuk kebahagiaanmu. Luangkan waktu untuk menjalin hubungan yang positif dengan orang-orang di sekitarmu.

  1. Pergi bertualang

Jangan takut untuk keluar dari zona nyamanmu dan mencoba hal-hal baru. Pergi bertualang akan membantumu untuk belajar dan tumbuh sebagai pribadi. Kamu bisa mencoba traveling, belajar bahasa baru, atau bergabung dengan kegiatan sukarelawan.

  1. Jaga kesehatanmu

Kesehatan adalah aset terpenting yang kamu miliki. Jaga kesehatanmu dengan makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur.

  1. Berikan kembali kepada masyarakat

Berikan kembali kepada masyarakat dengan membantu orang lain yang membutuhkan. Kamu bisa menjadi sukarelawan, menyumbangkan uang atau barang, atau memulai bisnis sosial.

  1. Nikmati hidupmu

Jangan lupa untuk menikmati hidupmu. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Habiskan waktu bersama orang-orang yang kamu cintai.

Tentu saja, hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum usia 30 tahun akan berbeda-beda bagi setiap orang. Hal terpenting adalah untuk menentukan apa yang penting bagimu dan mulai mengambil langkah untuk mencapainya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut