get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

Cuaca Panas, Penjualan Es Batu Kristal di Kota Probolinggo Melonjak 30 Persen

Selasa, 10 Oktober 2023 | 19:18 WIB
header img
Tempat produksi Es batu kristal di Kelurahan Mangunharjo, Kota Probolinggo ( Foto : iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Cuaca panas ekstrim, beberapa hari terakhir di wilayah Kota Probolinggo. Telah memberikan keuntungan bagi para penjual es batu kristal, terutama di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan.

Dalam kondisi cuaca yang begitu terik, penjualan es batu kristal melonjak hingga 30 persen. Hal ini merupakan berita baik bagi Agus, pemilik usaha es batu kristal yang telah beroperasi sekitar 5 tahun.

Setiap harinya, Agus mampu memproduksi sekitar 4 ton es batu kristal, dengan berat setiap es batu kristal satu kilogram. Di mana pendapatan, mencapai belasan juta rupiah perminggu.

Agus, pemilik usaha es batu kristal, menyatakan bahwa cuaca panas di wilayah Kota Probolinggo berpengaruh pada permintaan es batu kristal. Produksi yang awalnya sekitar 2-3 ton per hari, kini meningkat menjadi 4 ton setiap harinya. Dengan harga jual Rp 6 ribu per kilogramnya.

"Permintaan es batu kristal cukup meningkat, meskipun tidak sebesar di daerah lain, karena wilayah Kota Probolinggo tidak seluas kota besar lain. Di mana terdampak cuaca panas ekstrem, sekitar 30 persen. Hanya penambahan beberapa pelanggan saja," ujarnya.

Agus juga menambahkan, bahwa kenaikan permintaan disebabkan oleh sedikitnya tempat usaha, yang memproduksi es batu kristal di wilayahnya.

"Pelaku usaha es batu kristal seperti saya, masih dapat dihitung di wilayah Kota Probolinggo. Mungkin ada dua atau hanya saya sendiri, yang memiliki usaha es batu kristal," tambahnya.

Sementara itu, Sulastri, seorang pedagang es kelapa muda di Kota Probolinggo, mengakui bahwa dagangannya laris manis saat cuaca panas ekstrim seperti saat ini.

"Ini hasil yang cukup meningkat. Bahan es yang saya gunakan, adalah es batu kristal dan air kelapa. Kami menggunakan es batu kristal karena lebih praktis. Yang biasanya 2 bungkus, sekarang menjadi 4 bungkus es batu kristal," jelasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut