get app
inews
Aa Read Next : Gelar Ujian Bahasa Mandarin, SMA Nurul Jadid Diserbu Puluhan Peserta Luar Daerah

Wakil Ketua DPRD, Desak DKUPP Gratiskan Lapak Jualan di Setiap Event Pemkot Probolinggo

Selasa, 15 Agustus 2023 | 20:00 WIB
header img
Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo usai Rapat Banggar ( InewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo, H. Fernanda Zulkarnain mendesak Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian ( DKUPP) agar menggratiskan tenda atau lapak di setiap event yang diadakan Pemerintah Kota Probolinggo.

Itu dilontarkannya, saat menghadiri acara rapat Badan Anggaran (Banggar) di Gedung DPRD Kota Probolinggo, yang dihadiri semua dinas dan Camat Kota Probolinggo, pada Selasa, (15/08/2023).

"Katanya ingin meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Probolinggo, tapi nyatanya setiap event yang digelar, masyarakat khususnya pedagang yang ingin berjualan, banyak yang mengeluh tentang sewa tenda, atau lapak yang pada akhirnya, lapak itu disewa oleh pedagang luar kota yang mampu."papar Fernanda.

Tak hanya itu, Fernanda juga menyebut banyak pedagang luar yang menguasai lapak, dengan artian yang banyak diuntungkan adalah warga luar kota.

"Kalau bisa masyarakat Kota Probolinggo di setiap event mempunyai peranan penting, menjadi penjual bukan pembeli. Masalah utama yang klasik adalah tentang sewa lapak, kalau bisa itu digratiskan agar tidak terlalu membebani masyarakat yang ingin berjualan," tandasnya.

Sementara Kepala DKUPP, Kota Probolinggo, Fitriawati menegaskan, soal adanya lapak tenda yang disewakan bukan dari pihak DKUPP. Ia menyebut, kalau pihaknya tidak pernah menyewakan tenda atau lapak.

"Itu ranahnya pihak ketiga, yaitu selaku pelaksana event. Namun kita akan segera melakukan evaluasi,  mencari solusi atas hal tersebut. Salah satunya, setiap event kita akan tambah tenda atau lapak lebih banyak lagi, agar masyarakat nggak perlu sewa lagi," jelasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut