get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

KPU Kabupaten Probolinggo Hanya Terima Dana Hibah Pilkada 2024, Sebesar Rp 60 Miliar

Senin, 14 Agustus 2023 | 17:37 WIB
header img
Wabup Timbul dan Ketua KPU saat menunjukan berita acara hibah (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, hanya menerima dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, sebesar Rp 60 miliar. Dana tersebut lebih kecil, dibanding yang diajukan pihak KPU.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim mengatakan, kalau pihaknya mengajukan Rp 89 miliar, dengan skema penanganan Covid-19. Namun karena status Covid sudah dicabut, maka dana hanya disetujui senilai Rp 60 miliar.

Karena jumlah yang kurang sesuai dengan yang dibutuhkan itu, maka pihaknya secara otomatis harus melakukan efisiensi. Utamanya, pada nominal honor penyelenggara Pemilu.

"Semoga nanti honornya masih sama dengan saat Pileg dan Pilpres," katanya, Senin (14/8/2023).

Lukman mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan anggota KPU tingkat provinsi. 

"Hasilnya, seperti honor untuk PPK nantinya akan ditanggung oleh provinsi," paparnya.

Diketahui, penandatanganan berita acara dana hibah tersebut, dilakukan pada Kamis (10/8/2023) lalu, di Kantor Bupati Probolinggo. 

Saat itu, Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko berharap adanya dana hibah daerah, untuk penyelenggaraan Pilkada agar dapat dikelola secara transparan, efektif, dan efisien. Agar sinergitas yang terjalin selama ini, dapat terus berjalan dengan baik.

Ia juga berharap, penyelenggaran Pilkada tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Sehingga, suasana dunia perpolitikan di daerah, dapat terus kondusif dan aman.

"Kedepankan sinergitas dan koordinasi yang baik, antara instansi terkait. Rakyat juga harus dapat menyalurkan aspirasi politiknya, sesuai dengan hati nuraninya masing-masing," ucapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut