get app
inews
Aa Read Next : Terkait Pemasangan APK Pilkada Kota Probolinggo, Bawaslu Imbau Tim Pemenangan Paslon Patuhi Aturan

Kisah Pohon Angker, Ular Siluman Hingga Puluhan Tuyul Bersemayam

Senin, 31 Juli 2023 | 19:40 WIB
header img
Pohon angker di kota Probolinggo yang dikenal angker ( Foto: iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Makam besar yang terletak di jalan Sunan Ampel, kelurahan jrebeng lor, kota Probolinggo menyimpan banyak misteri. Warga setempat mempercayai bahwa lokasi tersebut dijadikan sebagai tempat bersemayamnya siluman ular.

Makam besar itu mempunyai ciri khas yang menyolok yaitu adanya pohon kapuk besar.  Masyarakat menyebutnya pohon Randu angker.

Kejadian diluar nalar kerap terjadi. Mulai dari penampakan Ular besar hingga makhluk astral yang menyerupai sesosok wanita berambut panjang. Tak jarang pula muncul penampakan puluhan anak kecil ( tuyul) yang bermain disungai barat makam.

Hal itu diungkapkan Mohammad. Ia merupakan salah satu warga yang mengaku  pernah melihat dengan mata kepalanya sendiri kejadian mistis tersebut. Mohammad sering sekali berada tepat di depan makam angker itu.

"Dulu pernah ada pengendara motor yang tiba-tiba terpental,padahal keadaan jalan sudah sepi sekira pukul 01.00 wib akibatnya pengendara mengalami luka gores pada tangan dan kaki, setelah menolongnya si korban ini mengaku melindas ular besar di jalan tadi, akibatnya pengendara tersebut kehilangan kendali," terangnya.

Yang bikin heran, saat dicek nggak ada keberadaan ular yang disebutkan pengendara tersebut, hal aneh juga pernah saya lihat pas saya lewat sungai itu tiba-tiba air itu gemericik kayak ada yang jalan, setelah saya perhatikan  ternyata puluhan anak kecil bermain disungai itu padahal sudah pukul 02.00 wib. 

" Pas saya lebih dekat ngeliatnya ternyata nggak ada apa-apa sontak saya bergegas pergi karena takut," imbuhnya.

Pohon randu yang berada di makam besar itu sudah  puluhan tahun tumbuh. Namun sekitar tahun 2020 yang lalu, separuh pohon itu tumbang. 

Hingga kini, masyarakat mempercayai bahwasanya pohon itu merupakan tempat bersemayamnya siluman ular dan juga dedemit. Atas kejadian mistis tersebut, setiap tahun masyarakat mengadakan acara selamatan bersama, seperti khatam Al-Qur'an dan pengajian Akbar.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut