get app
inews
Aa Read Next : Gelar Ujian Bahasa Mandarin, SMA Nurul Jadid Diserbu Puluhan Peserta Luar Daerah

Pengukuhan 7 Pejabat sebagai Tamu Kehormatan, Warnai Perayaan Yadnya Kasada

Senin, 05 Juni 2023 | 17:07 WIB
header img
Pengukuhan tamu kehormatan Suku Tengger (Foto : iNewsProbolinggo.id/kominfo)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sebanyak tujuh pejabat pemerintah dikukuhkan, sebagai tamu kehormatan Suku Tengger pada acara Resepsi perayaan Yadnya Kasada, pada Minggu (4/6/2023) malam, di Pendopo Agung Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura.

Diantaranya ; Komandan Kodim (Dandim) 0820 Probolinggo Letkol Arm. Heri Budiasto, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan bapak I Made Yuliada, Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto.

Lalu Ketua DWP Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto, Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR K. M. Arsyad, Kepala Balai Besar TN BTS C. Hendro Widjanarko dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo Wida Rihadyan Adji.

Pada acara tersebut, dihadiri pula Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Nunung Timbul Prihanjoko, dan Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi. Serta, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Wabup Timbul mengucapkan selamat, kepada para tokoh yang telah dikukuhkan sebagai tamu kehormatan dan sesepuh suku Tengger. Pengukuhan itu merupakan adat budaya dan tradisiz yang selalu dilakukan oleh Romo Dukun Pandhita atau dukun yang dituakan dalam perayaan Hari Raya Yadnya.

"Diharapkan dapat memajukan budaya masyarakat Tengger, serta dapat melestarikan adat dan budaya maupun tradisi-tradisi yang kerap dilakukan oleh masyarakat suku Tengger Bromo," terangnya.

Timbul menambahkan, jika perayaan Yadnya Kasada imerupakan bukti kerukunan hidup bagi umat beragama. Bahkan dipercaya, menjadi pilar harmonisasi kehidupan masyarakat.

"Selain itu, juga menjadi modal semangat untuk membangun dan mensejahterakan seluruh kehidupan masyarakat Tengger," katanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut