get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

Permudah Warga Beli Rumah, BUMDes Karanggeger Siapkan Uang Muka Pembelian KPR

Jum'at, 26 Mei 2023 | 20:06 WIB
header img
Penampakan desain rumah Pajarakan Kota Baru (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Untuk mempermudah masyarakat dalam memiliki rumah pribadi, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kusuma Abadi, Desa Karanggeger, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan Perumahan Pajarakan Kota Baru.

BUMDes setempat, bakal menyediakan uang muka bagi masyarakat yang hendak mengkredit rumah, di depan Kantor Desa Karanggeger tersebut.

Kepala Desa Karanggeger, Bawon Santoso mengatakan, hal tersebut merupakan upaya pemerintah desa melalui BUMDes untuk mempermudah masyarakat memiliki rumah, khususnya yang terletak di lingkungan perumahan.

Pihaknya siap membantu proses Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), di Pajarakan Kota Baru. Bahkan pihaknya,  siap menyediakan uang muka dan membantu mengurus hingga bisa menerima kunci.

"Cicilannya juga bisa lewat BUMDes, kami sudah bekerjasama dengan pihak perumahan dan pihak BTN (Bank Tabungan Negara, red)," katanya, Jum'at (26/5/2023).

Bawon menjelaskan, kalau pelayanan untuk pembelian perumahan ini, tidak hanya untuk warga Desa Karanggeger saja. Warga desa lainnya, juga bisa melakukan pembelian rumah melalui BUMDes Kusuma Abadi.

"Syaratnya hanya KTP dan syarat lain, untuk pengajuan ke pihak Bank. Kalau untuk warga desa luar, KTP dan keterangan domisili dari Kadesnya," ucapnya.

Kades Bawon mengaku berterimakasih, kepada pihak perumahan, karena sudah menciptakan kerjasama yang baik. Di mana nantinya, bisa saling menguntungkan melalui BUMDes. 

"Masyarakat yang ingin membeli rumah tinggal datang ke kantor desa untuk koordinasi, dengan pengurus BUMDes, maka kami akan siap mengurus hingga dapat kunci," ujarnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut