get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dikelola Pihak Ketiga, Wisata Pantai Bentar Probolinggo Akan Dipoles Jadi Wisata Internasional

Wisata di Probolinggo Masih Dipadati Pengunjung pada Momen Arus Balik Lebaran 2023

Sabtu, 29 April 2023 | 17:07 WIB
header img
Sejumlah pengunjung mando di Pantai Duta (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Probolinggo masih ramai dikunjungi wisatawan, pasca lebaran 2023. Salah satunya di wisata Pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Pada Sabtu (29/4/2023) sore, ada ratusan pengunjung memadati wisata pantai setempat. Bahkan tidak sedikit pengunjung yang datang, untuk mandi menikmati air laut, dan ada pula yang menyewa perahu untuk bisa berlayar ke tengah.

Ketua Pokdarwis Desa Randutatah, Wiwik Homsiatun mengatakan, kalau sejak pagi sudah ada sekitar 300 pengunjung yang datang ke Pantai Duta. Jumlah tersebut lebih sedikit, dibanding pada pada Minggu (23/4) dan Senin (24/4) lalu. 

Di mana pada dua hari tersebut, setiap harinya yang datang sekitar 900-1000 pengunjung. Dari banyaknya pengunjung itu, sempat membuat karyawan yang bertugas kewalahan.

"Kewalahannya itu ketika mengatur tempat parkir, baik motor atau mobil, ditambah harus mengawasi wisatawan yang mandi, khususnya anak kecil agar tidak terlalu ke tengah," tuturnya.

Wiwik menjelaskan, kalau pengunjung yang datang bukan hanya warga lokal Kabupaten Probolinggo saja, warga luar daerah juga turut berdatangan. Seperti warga Surabaya, Jember, Lumajang, Madura, Jawa Tengah, bahkan ada yang dari Jakarta.

"Rata-rata bersama keluarganya, untuk warga luar kota itu, memang kebetulan main ke keluarganya di Probolinggo, jadi mampir untuk berwisata," jelasnya.

Wiwik menambahkan, kalau wisata Pantai Duta tersebut dikelola oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Diskopar) Kabupaten Probolinggo. Hanya saja, Pokdarwis kebagian tugas untuk mengelola parkir di wisata tersebut.

"Untuk karcis masuk, masing-masing orang itu membayar Rp 5 ribu, ditambah parkir motor Rp 5 ribu, untuk parkir mobil itu Rp 10 ribu," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Ainul Yakin mengatakan, kalau ia berkunjung bersama keluarganya. Kebetulan anak-anaknya ingin berwisata di pantai, sehingga memilih berlibur di Pantai Duta.

"Biasanya saya ke daerah Krucil, atau Tiris, kebetulan anak-anak minta ke pantai, jadi tak bawa ke sini (Pantai Duta, red)," kata warga asal Banyuanyar, Probolinggo itu.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut