get app
inews
Aa Read Next : Tips Menikmati Akhir-akhir Bulan Ramadhan

7 Tips Agar kulit Tidak Kering Saat Berpuasa

Kamis, 23 Maret 2023 | 13:17 WIB
header img
Sumber/foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsprobolinggo.id - Puasa berarti tidak makan dan minum dari pagi hingga beduk magrib tiba. Itu yang dapat membuat tubuh kekurangan cairan, sehingga membuat kulit wajahmu menjadi kering. Kulit wajah yang kering dapat mengelupas dan terasa perih.

Selain itu wajahmu juga akan terlihat kusam, tidak bercahaya, bahkan bisa bersisik dan kasar. Terlebih di saat cuaca sedang panas, tentu akan membuat kulit Anda semakin kering.

Agar kulit enggak kering dan kusam selama berpuasa, tentu ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam merawatnya. Berikut Okezone membagikan info agar kulit tetap terhidrasi dengan baik saat menjalani ibadah puasa, yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (23/3/2023).

1. Asupan cairan

Selama lebih dari 12 jam, Anda tidak akan mendapatkan asupan cairan karena berpuasa. Hal ini tidak hanya membuat tubuh Anda kekurangan cairan, tapi juga membuat kulit Anda jadi tidak terhidrasi dengan baik. Usahakan dari waktu berbuka puasa hingga sahur, cukupi kebutuhan cairan Anda. Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

2. Makan buah yang banyak

Jangan hanya sop buah atau gorengan-gorengan yang Anda masukkan ke dalam menu berbuka puasa atau sahur. Pastikan Anda banyak mengonsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit.

3. Menjaga kebersihan kulit

Membersihkan wajah adalah bagian paling penting dalam perawatan kulit karena dapat menghilangkan kotoran dan bakteri serta menjaga kesehatan kulit. Perhatikan kandungan pembersih Anda. Pembersih yang baik adalah yang tidak merusak lapisan kulit.

4. Perhatikan sabun wajah

Gunakanlah pembersih wajah dengan bahan ringan, mengandung stearyl alcohol sehingga busa tidak berlebih, tidak berwarna, dan tidak berbau atau mengandung parfum. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjaga kesehatan kulit dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi.

5. Gunakan pelembab dan tabir surya

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, gunakanlah pelembap kulit yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane. Bahan-bahan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering, anti radang, pelindung kulit terhadap sinar matahari, dan tidak mengiritasi kulit.

6. Maksimalkan penggunaan sheet mask 

Seperti diketahui, sheet mask cenderung memiliki kandungan antioksidan dan essence yang lebih tinggi dibanding skincare pada umumnya. Ini sangat berguna untuk Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa dan butuh tambahan kelembapan serta kandungan air pada kulit.

Menggunakan sheet mask dengan kandungan tertentu juga dipercaya bermanfaat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat, lembut dan bercahaya, serta bebas dari jerawat. Selama puasa, sebaiknya Anda menggunakan sheet mask 2-3 kali seminggu.

7. Kurangi konsumsi kafein dan susu

Menurut para ahli, kafein termasuk kandungan yang menyerap mineral dari tubuh sehingga memberikan dampak negatif pada kulit. Berkurangnya mineral ini tentu akan membuat kulit tampak kusam, dehidrasi kulit berlebihan, dan kulit jadi rentan keriput.

Selain kopi, terdapat beberapa minuman dan makanan lain yang cenderung mengandung kafein. Seperti minuman bersoda, minuman berenergi, es krim, bahkan kuaci. Selain itu, produk olahan berbasis susu juga dapat memicu kemunculan jerawat pada kulit.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut