get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Tigal Kapal Motor Terbakar, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp 3 Miliar

Jum'at, 17 Maret 2023 | 21:37 WIB
header img
Tiga kapal motor terbakar di pelabuhan Mayangan (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sebanyak tiga buah kapal pencari ikan yang berada di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) di Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, ludes terbakar. Kerugian dari peristiwa tersebut ditaksir mencapai Rp. 3 miliar.

Ketiga kapal tersebut adalah, KM Inti Nelayan 16 (GT 95), KM Inti Nelayan 27 (GT 97) dan KM Inti Nelayan 21 (GT 98), milik Kriswanto. Api muncul pertama kali di kamar mesin KM Inti Nelayan 27.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa itu terjadi pada Jumat (17/3/2023), sekitar pukul 01.00 WIB. pertama kali kebakaran itu diketahui oleh oleh M Bagas Teguh (28) dan Apololeos (42) Anak Buah Kapal (ABK) KM Inti Nelayan 16.  

Api menyambar tangki solar, ditambah angin kencanh di Pelabuhan membuat api semakin besar dan menyambar 2 kapal yang berada di sebelah kanan kirinya.

Sejumlah ABK yang berada diatas kapal, langsung berhamburan dan berusaha memadamkan api dengan Alkon dan penyemprot air, serta melapor kejadian kapal terbakar ke semua pihak.

Untuk menghindari kapal lain terbakar yang sedang parkir di Dermaga Pelabuhan Pelelangan Ikan tersebut, ABK langsung menyeret 3 kapal ke tengah laut.

Akibat jarak yang terlalu jauh dan ada pagar di lokasi membuat mobil Damkar kesulitan menyemprotkan air ke 3 kapal yang terbakar, sehingga hampir semua badan kapal ludes terbakar sekitar 80 persen.

Kasat Pol Air Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno mengatakan, kalau pihaknya masih menunggu kapal dingin untuk melakukan serangkaian olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). 

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp 3 Miliar," katanya.

Pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, khususnya para ABK.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut