Logo Network
Network

Sempat Vakum, Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Probolinggo Kembali Diaktifkan

Zainul Rifan
.
Kamis, 08 Desember 2022 | 14:31 WIB
Sempat Vakum, Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Probolinggo Kembali Diaktifkan
Kepala Bakesbangpol Ugas Irwanto (kiri) sata memimpin pembentukan pengurus baru FPK (foto:Zainul rifan/iNewsprobolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) mengaktifkan kembali, kepengurusan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Probolinggo guna mempersatukan bangsa, yang terdiri dari suku dan budaya.

Penyusunan pengurus FPK periode 2022-2027 ini, dipimpin langsung oleh Kepala Bakesbangpol Ugas Irwanto, di Aula Bakesbangpol, pada Selasa (6/12/2022) lalu. 

Dalam rapat yang dihadiri sejumlah pengurus lama yang mewakili lintas suku tersebut, Supoyo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua FPK menggantikan mendiang KH. Idrus yang meninggal dunia.

Saat dikonfirmasi, Ugas mengatakan kalau FPK sempat vakum karena masa pandemi. Sehingga dengan itu, dirinya menginginkan Surat Keputusan (SK) terbaru terkait kepengurusan yang disusun kembali. 

"Dengan harapan, FPK ini segera menggelar kegiatan dan bermitra dengan lembaga lain," terangnya. Kamis (8/12/2022)

Menurutnya, FPK bertugas mempersatukan bangsa yang terdiri dari banyak suku dan ras, di tengah masyarakat. Hal itu guna mencegah, disintegrasi bangsa. 

Disintegrasi bangsa adalah perpecahan hidup di dalam masyarakat yang disebabkan oleh adanya pengaruh, dari negara lain. Disintegrasi ini, dapat disebabkan pula oleh pengaruh dari suatu negara sendiri.

"Juga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan. Ancaman disintegrasi bangsa sudah mulai muncul di daerah lain," paparnya.

Sementara Supoyo mengatakan, dirinya mewakili FPK Kabupaten Probolinggo, menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) FPK bersama FPK daerah lain, beberapa waktu lalu. 

Ia mengatakan, kalau dalam Rakerda tersebut FPK merupakan ormas bentukan Pemda, melalui Bakesbangpol.

"Jadi harus diikuti oleh penganggaran, sesuai dengan kemampuan APBD masing-masing," katanya.

Supoyo menambahkan, bakal segera menyusun program kegiatan dan pengurus FPK masuk ke semua lini yang fokusnya, untuk persatuan dan pembangunan kebangsaan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News

Bagikan Artikel Ini