get app
inews
Aa Read Next : Pj Kades Randu Putih Probolinggo Sesalkan Adanya Penebangan Mangrove

Upayakan Penghijauan, PT Paiton Energy dan POMI Tanam Ribuan Bibit Pohon

Sabtu, 03 Desember 2022 | 21:31 WIB
header img
Warga bersama siswi menanam bibit pohon mangrove yang disediakan PT Paiton Energy dan POMI (foto : zainul rifan/iNewsProbolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - PT Paiton Energy dan POMI, terus berupaya melakukan penghijauan. Salah satunya, melakukan penanaman 1.600 bibit yang terdiri dari jenis Mangrove, Ketapang, Kepuh, Keranji dan Asam Jawa. 

Diketahui, penanaman tak hanya dilakukan di Probolinggo saja, melaikan juga di Situbondo. Tepatnya di Blok Jeding, RPTN Labuhan Merak, Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, beberapa waktu lalu.

Chief Financial Officer Paiton Energy, Bayu Widyanto mengatakan, adanya kegiatan tersebut selain mendukung Hari Penanaman Pohon Se-Indonesia pada 28 November. Juga merupakan program perusahaan, di bidang lingkungan hidup dan mitigasi perubahan iklim.

"Perusahaan menyambut baik kepedulian masyarakat kampung merak, terhadap kelestarian ekosistem pesisir yang harus dilindungi dan dijaga kelestariannya," ucapnya. Sabtu (3/12/2022)

Disamping itu, Human Resources Manager POMI Rochman Hidayat mengatakan, kalau selain di Labuhan Merak, pihaknya juga melakukan penanaman di daerah kampung Blekok, Kabupaten Situbondo.

Hal itu, wujud peran serta serta PIPMI dan IFEC dalam menangani isu lingkungan hidup dan dapat memberikan dampak positif, dalam banyak hal.

"Semoga kegiatan penanaman ini, dapat mempererat tali silaturahmi keluarga besar Paiton Energy - POMI dan memberikan manfaat terhadap masyarakat," katanya.

Sementara Kepala SPTN Wilayah II Karangtekok, Lukman Hidayat yang mewakili Kepala Balai Taman Nasional Baluran mengatakan, tujuan penanaman itu, guna menjaga dan melestarikan areal pesisir. Khususnya Pesisir Labuhan Merak yang ada di Taman Nasional Baluran.

"Tentunya sangat diharapkan, lewat kegiatan ini dapat menciptakan budaya cinta lingkungan sejak usia dini, pada masyarakat Kampung Merak," paparnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dusun Merak Nur Rohman mengaku, kalau sebagai individu yang telah lama menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Baluran, warga Kampung Merak turut peduli terhadap terjadinya degradasi hutan mangrove di Taman Nasional, khususnya di sekitar tempat warga. 

"Kami sangat berterima kasih atas kepeduliannya, dalam upaya-upaya melestarikan ekosistem pesisir di kampung Merak," ujarnya.

Sekedar informasi, Kegiatan penanaman ini melibatkan sekitar 70 orang, yang berasal dari instansi Pemdes setempat dan sejumlah siswa.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut