get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

21 Provinsi Bakal Berebut Medali, Pada Kejurnas Arung Jeram di Songa Adventure Probolinggo.

Kamis, 01 Desember 2022 | 17:10 WIB
header img
Salah satu tim yang mengikuti kejurnas di Songa Adventure Probolinggo (foto : panitia kejurnas)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sebanyak 64 tim dari 21 provinsi, mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram di Songa Adventure, Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Mereka bakal bertanding, untuk meraih medali sejak 1-4 Desember 2022. Kejurnas kali ini, dilaksanakan oleh Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI). Di mana pada 2021 sebelumnya berada di Lampung dan pada tahun 2022 kali ini, berada di Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Songa Adventure.

Ketua Panitia Kejurnas Arung Jeram, Abdullah mengatakan, kalau kegiatan tersebut kurang lebih diikuti oleh 300 peserta dari 64 tim. Dimana peserta itu, merupakan peserta terbaik dari masing-masing provinsi yang sebelumnya diseleksi melalui Kejuaraan Daerah (Kejurda)

"Untuk Jawa Timur sendiri kami ada 8 tim, dan rata-rata atletnya dari Faji Kabupaten Probolinggo," terangnya. Kamis (1/12/2022)

Abdullah menjelaskan, kalau perlombaan tersebut terbagi menjadi empat kelas, meliputi kelas Yud putra-putri, junior putra-putri, open putra-putri dan master putra-putri. Serta, terbagi dalam empat jenis perlombaan, yakni sprint, head to head, slalom dan down river race.

Dengan begitu, selama 4 hari para tim akan melakoni setiap jenis perlombaan. Yang nantinya, pada akhir acara akan diumumkan provinsi yang menjadi juara umum untuk Kejurnas 2022 kali ini.

"Alhamdulilah untuk hari ini pada jenis sprint, kelas master kita dapat emas, yud putra kita juga emas dan yud putri dapat perak. Sehingga per hari ini Jawa Timur sudah mengantongi dua emas dan satu perak," jelas ketua harian Faji Kabupaten Probolinggo itu.

Abdullah menambahkan, selaku tuan rumah pihak Songa Adventure sudah menyiapkan segala jenis kebutuhannya. Mulai dari penginapan para peserta, juri dan panitia. Lalu keamanan para atlet, saat memulai perlombaan hingga penyiapan perahu yang akan ditunggangi para atlet.

"Untuk keselamatan kita siapkan 40 personel lebih disepanjang lintasan. Dan untuk penilaian dilakukan oleh sekitar 100 juri dari 24 provinsi se Indonesia," ucapnya.

Hal itu dilakukannya, untuk menunjukan bahwa Kabupaten Probolinggo, khususnya Songa Adventure merupakan tuan rumah yang siap untuk menggelar ajang tingkat nasional. 

Dan membuktikan bahwa Songa Adventure, juga merupakan tempat aman dan nyaman bagi para pencinta arung jeram. 

"Untuk harapan kali ini, Jawa Timur mampu menjadi juara umum," ujar pria yang juga sebagai pengelola Songa Adventure itu.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut