get app
inews
Aa Read Next : Pengantin di Bangkalan Tetap Gelar Pesta Pernikahan di Tengah Banjir, Maju Terus Pantang Mundur

Total Ada 32 Rumah dan 3 Jembatan Terputus, Akibat Terjangan Banjir di Kalibaru Banyuwangi

Jum'at, 04 November 2022 | 17:55 WIB
header img
rumah korban banjir kalibaru (foto : siswanto/iNewsProbolinggo.id)

BANYUWANGI. iNews.id - Akibat terjangan banjir yang terjadi di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, pada Kamis (3/11/2022) malam sekitar pukul 20.47 WIB.

Membuat sedikitnya, 32 rumah di Dusun Krajan hanyut terbawa terjangan banjir. Tak hanya rumah, mobil dan motor warga ikut hanyut terbawa terjangan banjir tersebut.

Team Reaksi Cepat BPBD, Kabupaten Banyuwangi, Ade Setiawan mengatakan, sebelum adanya terjangan banjir, hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kalibaru, sejak pukul 16 30 WIB sampai 21.00 WIB. 

Guyuran hujan deras itupun, membuat aliran Sungai Jagalan yang berada di Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan meluap dan menyebabkan banjir, serta kemudian menerjang permukiman warga. 

"Rumah yang hanyut tersebut, berada pinggir sungai jagalan, namun sampai saat ini tidak ada informasi korban jiwa,"ungkap Ade Setiawan. 

Disamping rumah, fasilitas umum terdampak banjir, yakni ada 3 jembatan yang menghubungkan desa setempat terputus akibat terjangan banjir. 

"Bukan hanya jembatan saja, tetapi pagar koramil Kalibaru jebol, pagar Polsek juga jebol. Selain itu terdapat tumpukan material yang menumpuk di jalan serta beberapa tempat ibadah seperti mushola mengalami kerusakan,"Terang Ade. 

Lanjut Ade, tindakan sementara yang dilakukan TRC BPBD Banyuwangi pada pukul 22.30 WIB, yakni melakukan koordinasi terhadap semua pihak untuk penanganan pasca bencana. 

"Penanganan darurat yang dilakukan TRC BPBD Banyuwangi, Jumat (4/11/22) sekitar pukul 03.00 WIB mendirikan tenda pengungsian bagi warga yang terdampak banjir,"pungkasnya.

Unsur yang terlibat penanganan bencana banjir, yakni Forpimka Kecamatan Kalubaru, BPBD Kabupaten Banyuwangi, DPU Pengairan dan relawan PB Banyuwangi serta Dinas Sosial (Tagana) Banyuwangi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut