get app
inews
Aa Read Next : Kebut Perbaikan Jalan Rusak, Pemkab Probolinggo Bakal Tambah Dua Armada Truck Alpomain

Melalui Ngapling, Diharapkan Bisa Memberikan Kenyamanan Pengguna Jalan

Kamis, 06 Oktober 2022 | 20:12 WIB
header img
Foto petugas ngapling atau ngaspal keliling saat melakukan perbaikan jalan di jalan kabupaten desa kelampok Arum (foto: Ardianto/iNewsProbolinggo.id)

LUMAJANG, iNewsProbolinggo.id - Guna memberi kenyamanan kepada para pengguna jalan yang melintas di jalan kabupaten Lumajang Jawa Timur, Dinas pekerjaan umum dan tata ruang (PUPR) Lumajang mempunyai program NGAPLING atau ngaspal keliling. 

Melalui program tersebut dinilai bisa menekan angka kerusakan di jalan kabupaten akibat sering dilalui kendaraan yang melebihi kapasitas tonase.

Kabid Bima marga pada Dinas PUPR Kabupaten Lumajang Heri Kurniawan mengatakan kalau inovasi ngapling ini sudah berjalan sejak beberapa tahun kemarin. Guna memberikan pelayanan yang maksimal, dinas PUPR membagi petugas ngapling menjadi 5 korwil atau koordinator wilayah yakni korwil Kecamatan Sukodono, Kota Lumajang, Pasirian, Yosowilangun dan korwil Kecamatan Klakah.

Seperti yang dilakukan oleh petugas ngapling atau bgaspal keliling yang sedang melakukan perbaikan jalan di desa kelampok Arum kecamatan Tekung, terlihat sejumlah petugas melakukan perbaikan jalan retak dan berlubang.

"Perbaikan jalan dilakukan pada jalan mengalami retak dan rusak sedang," katanya.

Heri menambahkan jika kerusakan jalan kerap terjadi akibat banyaknya kendaraan yang melintas dengan melebihi batas tonase 

"kekuatan jalan kabupaten hanya 8 ton, jadi kalau sering dilalui kendaraan yang melebihi batas tonase maka jalan akan cepat rusak," ucap Heri 

Karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk turut serta merawat jalan yang sudah di benahi atau bangun baru oleh pemerintah Kabupaten Lumajang, dengan cara tidak membuang sampah ke saluran drainase. Karena jika terjadi hujan lebat dan banjir bisa mengakibatkan jalan mudah rusak.

"Dan pengguna jalan yang melintas di minta untuk tidak melebihi batas tonase sesuai kekuatan kelas jalan," ujarnya.

Sementara itu, Riaman selaku pengguna jalan yang melintas sangat berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Lumajang, pasalnya jalan kabupaten yang berada di desa kelampok Arum sudah terdapat sejumlah lubang dan sering mengakibatkan kecelakaan tunggal bagi pengendara roda dua.

"Saya berterimakasih kepada pak bupati dan dinas PU sudah memperbaiki jalan yang berlubang, sehingga saya bisa dengan nyaman saat melintas di jalan ini," pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut