get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Warga Kedungcaluk Probolinggo Semarakkan HUT ke-77 RI, Lewat Acara Jalan Sehat Bersama

Rabu, 17 Agustus 2022 | 08:41 WIB
header img

PROBOLINGGO, iNews.id - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekan Republik Indonesia (RI), masyarakat Desa Kedungcaluk, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo menggelar acara jalan sehat

Masyarakat mengawali acara dengan berkumpul di lapangan desa setempat sejak pukul 06.00 WIB pagi. Acara kemudian diisi penampilan musik dangdut yang dihadirkan pihak panitia.

Memasuki pukul 07.00 WIB, acara jalan sehat pun dimulai. Warga mengelilingi desa, dengan menempuh rute sejauh kurang lebih dua kilometer. Jalan sehat kemudian berakhir di titik awal pemberangkatan.

Kepala Desa Kedungcaluk Sulaiman Fauzan mengatakan, ada lebih dari seratus peserta yang ikut acara jalan sehat peringatan HUT RI tersebut. Mereka merupakan warga Desa Kedungcaluk yang berasal dari beberapa dusun setempat. 

Guna memeriahkan acara tersebut, Sulaiman mengaku menyiapkan sejumlah hadiah bagi para peserta yang menang undian jalan sehat. Hadiah tersebut antaara lain  dua ekor kambing, sepeda angin, dispenser dan lainnya. 

"Pada saat pembagian hadiah jalan sehat, kami juga bagikan hadiah untuk juara lomba Agustusan yang sebelumnya telah lebih awal digelar," ujar Sulaiman, Minggu (14/08/2022).

Sulaiman berharap, lewat adanya acara itu bisa meningkatkan rasa nasionalisme warganya, cinta NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), serta mempererat tali silaturahmi antar warga Kedungcaluk. 

Lebih lanjut, Sulaiman yang telah menjabat kepala desa selama dua periode tersebut mengaku, telah banyak pembangunan di desanya yang dikerjakan. Seperti pembangunan jalan, perbaikan rumah tidak layak huni pembangunan "Taman Edukasi Singkong" dan lainnya. 

"Di taman edukasi ini, masyarakat bisa melakukan berbagai aktifitas. Karena lokasinya berada tepat di pinggir jalan desa, apalagi sudah dilengkapi perpustakaan arena bermain anak, stand UMKM dan lainnya," paparnya.

Sulaiman menyampaikan, tak hanya masalah pembangunan fisik. Pihaknya juga membangun karakter para pemuda setempat, agar menjadi lebih baik, disiplin dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Disini juga ada kegiatan rutin bagi para pemudanya, salah satunya yakni sholawatan bersama diiringi musik hadrah," tutur Sulaiman. 

Lewat kegiatan itu, Sulaiman berharap para pemuda Desa Kedungcalok bisa menjadi generasi penerus bangsa baik. Serta nantinya terhindar dari hal-hal maupun aktifitas yang melanggar agama dan hukum. 

"Alhamdulillah, jika dulunya para pemuda disini suka keluyuran tanpa tujuan. Dengan aktifitas positif itu, mereka saat ini kehidupannya lebih baik dan tertata," Sulaiman memungkasi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut