get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Revolusi Mental, Bentuk Kepala Desa Bangkitkan Pakuniran di Era Digitalisasi

Rabu, 06 Juli 2022 | 19:09 WIB
header img
Kepala Desa Pakuniran Ahmad Fauzi (baju putih) saat menghadiri kegiatan di rumah warga (Foto : Wahid/iNews.id)

PROBOLINGGO, iNews.id - Pakuniran merupakan nama sebuah desa yang berada di Kabupaten Probolinggo, dan saat ini dipimpin oleh seorang kepala desa yang diharapkan bisa membawa perubahan lebih baik kedepannya.

Sejak terpilih bulan Februari yang lalu, Ahmad Fauzi Kepala Desa Pakuniran sudah menyiapkan strategi guna membangun Desa agar bisa sesuai dengan apa yang sudah dijadikan visi dan misinya saat mencalonkan.

Sebelum melaksanakan program kerja yang sudah ia rencanakan, Fauzi sapaan akrabnya lebih dulu memperbaiki tingkat kedisiplinan para aparatur desa, ia mewajibkan semua perangkat desa masuk hari Senin sampai jum'at dari pukul 07.30 WIB sampai 13.30 WIB.

"Sebelum saya melaksakan program yang sudah ada, saya mulai terlebih dahulu dari tingkat kedisiplinan para perangkat desa, mereka saya wajibkan masuk kantor untuk melayani kebutuhan masyarakat pada hari Senin sampai jum'at dari pukul 07.30 WIB sampai 13.30 WIB" tegasnya saat ditemui iNewsProbolinggo.id

"Saya juga sampaikan kepada masyarakat bahwa saya bersama para perangkat desa yang lain sudah siap melayani apapun kebutuhan masyarakat, dan semua pelayanan tersebut Gratis" imbuhnya.

Lebih lanjut Fauzi mengatakan bahwa pelayanan yang ia gratiskan tersebut guna menunjang dan menjadikan Desa Pakuniran lebih baik kedepan.

"Alhamdulillah sekitar satu bulan yang lalu kami sudah belanja kebutuhan untuk memperlancar pelayanan administrasi, kami Gratiskan pelayanan tersebut karena kami sudah merasa terbantu dengan yang namanya dana desa" tandas Fauzi yang juga merupakan mantan sekretaris MWCNU Kecamatan Besuk.

Beberapa waktu yang lalu, Desa Pakuniran telah mengadakan Musyawarah Desa (MUSDES) guna membahas penggunaan anggaran desa ditahun 2023.

Selain bidang pelayanan Kepala Desa Pakuniran masih memiliki banyak visi dan misi yang harus dilaksanakan, yang diantaranya pembangunan, peningkatan ekonomi, peningkatan SDM, pendidikan, kesehatan dan keamanan.

Namun sebelum melaksanakan programnya, ia juga memiliki strategi atau program yang ia sebut dengan Revolusi Mental, program tersebut ditujukan agar semua masyarakat Pakuniran baik unsur pemerintah desa atau masyarakat pada umumnya bisa merubah mental, mindset atau pemikiran yang awalnya kurang tepat bisa sesuai dengan yang sebenarnya.

"Jika mental mereka sudah benar maka untuk menjalankan program yang sudah disepakati di Musdes itu sangat gampang, tidak adalagi pemikiran, anggapan atau kebiasaan yang kurang tepat, jika itu sudah bisa diperbaiki maka mental mereka sudah berubah, nah itu yang kami sebut Revolusi Mental" jelasnya.

Ihyak Ulumuddin salah satu perangkat desa menjelaskan bahwa kepala desa dan perangkat desa sudah berkomitmen untuk bersama-sama melaksanakan program yang ada guna kemajuan Desa Pakuniran.

"Kami para perangkat desa sudah berkomitmen dan akan terus bersinergi bersama kepala desa untuk melaksanakan program yang ada demi kemajuan Desa Pakuniran" ujar Ulum sapaan akrabnya

Dilain sisi masyarakat Desa Pakuniran sendiri sudah merasakan beberapa perubahan sejak terpilihnya Ahmad Fauzi sebagai kepala desa, hal tersebut diungkapkan oleh Rudi.

"Kalau saya melihat sudah ada perubahan, mulai dari kantor desa yang sudah aktif, pelayanan yang sudah siap, bahkan kepala desa sendiri siap menerima keluhan, laporan atau bahkan ide-ide masyarakat kapanpun dan dimanapun" jelas Rudi.

Hal senada juga disampaikan oleh Ahmad Muzammil selaku Ketua Bumdes Pakuniran, ia merasa terbantu karena saat ini kepala Desa Pakuniran sangat mendukung program-program yang sudah direncanakan oleh pengurus bumdes, 

"Harapan mendasar kami kepada bapak komisaris bumdes atau kepala desa pakuniran bapak Ahmad Fauzi, adalah dukungan baik berupa dana ataupun bantuan moral lainnya, terutama petunjuk dari beliau, karena dana yang dikucurkan kepada kami itu tidak main-main dan semua itu butuh yang namanya pertanggungjawaban" tegasnya saat diwawancara.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut