PT Paiton Energy Gandeng UGM  Dalam Pengelolaan Energi dan Pemeliharaan PLTU Batu Bara

Zainul Rifan
Bentuk kerjasama PT PE dengan UGM untuk pemeliharaan energi (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - PT Paiton Energy (PE) menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam pengelolaan energy, manajemen aset dan penggunaan teknologi digital dalam sektor pembangkit listrik.

Sebagai langkah konkret kerjasama. Keduanya langsung tancap gas menyelenggarakan workshop Process Improvement dalam Operasi dan Pemeliharaan PLTU Batubara, di Hyatt Regency Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Presiden Direktur PT Paiton Energy, Fazil Erwin Alfitri mengatakan sebagai salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) terbesar di Indonesia, PT PE berkomitmen mendukung ketahanan energi dan transisi energi untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Sesuai dengan apa yang dicanangkan pemerintah. Karenanya, kerjasama dengan UGM merupakan langkah strategis untuk mendorong pengembangan teknologi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

"Dengan keahlian yang dimiliki UGM dalam penelitian, diharapkan kolaborasi ini akan menjaga ketahanan energi dan mendukung pencapaian target NZE di masa mendatang," katanya, Rabu (9/10/2024).

Senada diutarakan Chief Financial Officer PT Paiton Energy Bayu Widyanto. Menurutnya, workshop ini sangat penting karena memberikan kesempatan bagi Perusahaan untuk bertukar pengetahuan dengan akademisi. 

"Melalui diskusi ini, Perusahaan dapat mengidentifikasi peluang baru dalam peningkatan efisiensi operasional PLTU dan penggunaan teknologi digital," akunya.

Sementara itu, Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia menyambut baik kerjasama tersebut. Ia menilai, kerjasama tersebut tidak hanya mendukung pendidikan dan penelitian, tetapi juga berkontribusi nyata dalam pengembangan teknologi yang ramah lingkungan. 

"Kami berharap bahwa ini akan menjadi awal dari kolaborasi yang lebih besar di masa depan," ucapnya.

Sebagai tindak lanjut dari workshop itu, PT Paiton Energy dan Universitas Gadjah Mada akan mengimplementasikan program dimana topik-topik potensial yang dihasilkan dari workshop ini dikaji lebih lanjut untuk menjadi bahan riset dan penelitian.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network