Antisipasi Penggunaan Narkoba, Personil Polres Probolinggo Kota Jalani Tes Urine

Ide Nasution
Proses tes urine personil Polres Probolinggo kota ( foto : iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Polres Probolinggo kota gelar tes urine untuk anggotanya yang  merupakan bagian dari prosedur penegakan disiplin dan pencegahan penyalahgunaan zat.

Tes ini dilakukan untuk memastikan bahwa para personel kepolisian tidak menggunakan narkoba atau substansi terlarang yang dapat memengaruhi kinerja dan integritas mereka dalam menjalankan tugas. 

"Kita lakukan tes urine ini guna memastikan kesiapan anggota dalam melaksanakan tugas yang menanti cukup berat yakni Pilkada dan operasi Tumpas Semeru 2024. 

Pelaksanaan ini kita lakukan secara random dan mendadak.," kata Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian melalui Plt. Kasihumas Iptu Zainullah, Kamis (12/09/2024).

Pelaksanaan tes urine itu dilakukan di ruang Rupatama Polres, usai dilaksanakannya apel pagi bersama di mapolres.

Kasihumas juga menekankan pentingnya evaluasi kesiapan anggota sebelum melaksanakan tugas. Apalagi saat ini juga bertepatan dengan pelaksanaan operasi Tumpas Semeru 2024, jadi sebelum melakukan penindakan keluar, anggota Polres Probolinggo Kota juga perlu untuk ditertibkan terkait dengan penyalahgunaan narkoba

Ia menambahkan bahwa langkah proaktif ini menjadi bukti konkret komitmen Polres Probolinggo Kota dalam menjaga integritas dan profesionalisme personel. 

Kolaborasi antara Satresnarkoba, Sipropam dan Sidokkes tambah Zainullah menjadi strategi terpadu untuk memastikan keberhasilan kegiatan pemeriksaan urine ini.

“Ada puluhan anggota yang pagi ini kami lakukan test urine. Untuk hasilnya alhamdulillah semua negative.” Terang Kasi.

Dia juga menambahkan bahwa pemeriksaan urine bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi sebagai bagian dari upaya preventif dalam menjaga disiplin dan kualitas anggota kepolisian.

"Dengan pendekatan ini, diharapkan anggota Polres senantiasa berada dalam kondisi optimal, bebas dari pengaruh narkoba yang dapat mengganggu pelaksanaan tugas.” terangnya

Lebih lanjut. kata dia, melalui kegiatan itu, Polres Probolinggo Kota memberikan contoh nyata dalam penanganan masalah narkoba di internal institusi kepolisian.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network