Kemeriahan Agustusan Tiga Dusun di Desa Pesisir, Kabupaten Probolinggo

Raphel Azizah
Kepala desa saat pelepasan Pawai budaya ( foto : iNewsProbolinggo.id/Raphel)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 79, Tiga dusun di Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo ini, menggelar pawai budaya, pada Minggu (25/8/2024) siang.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Martono mengatakan pawai budaya ini digelar sebagai bentuk partisipasi warga Dusun Melati, Mawar, dan Dusun Kenongo. Dengan kisaran 30 peserta.

"Ini sebagai bentuk partisipasi kita sebagai warga Indonesia, untuk memperingati hari kemerdekaan, sebagai wujud kecintaan kita pada tamah air," terangnya.

Meskipun pawai budaya itu digelar di medan jalan yang cukup sempit, namun keseruan dan antusias warga Desa Pesisir, tidak kalah tinggi dengan daerah lain.

Masih bersama Martono, start pelepasan pawai budaya ini dimulai pada pukul 12.00 WIB. Diawali dengan penampilan tari kontenporer, dan pakaian adat, semarak agustusan di Desa Pesisir pun dimulai.

"Untuk persiapan pawai budaya ini, hanya membutuhkan waktu 14 hari saja, dan beruntungnya, para warga sangat antusias,"ucapnya.

Martono mengaku, pawai budaya ini merupakan agenda tahunan di Desa Pesisir ini. Bahkan di momen agustusan ini, setiap malam juga diadakan pentas seni di tiap RT setempat secara bergantian.

"Kapan lagi kita merayakan momen kemerdekaan seperti ini, ya dengan adanya kegiatan seperti ini, kami berharap, mampu menumbuhkan rasa patriotisme untuk kalangan muda mudi, atau generasi penerus bangsa, dan tidak lupa dengan sejarah para pejuang terdahulu, saat merebut kemerdekaan dari para penjajah," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network