Desa Sogaan Buka Kegiatan Lomba HUT Dengan Lepas Merpati, Kenang Lepasnya Indonesia Dari Penjajah

Zainul Rifan
Proses pelepasan burung merpati sebagai simbolis pembukaan lomba (foto : iNewsProbolinggo.id/doni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Hampir di seluruh pelosok desa tengah menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia 2024. Tidak terkecuali Desa Sogaan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo yang turut merayakannya.

Kali ini, desa merayakan HUT dengan berbagai macam lomba, lomba-lomba akan digelar mulai tanggal 7 hingga 23 Agustus 2024. Pada pembukaan lomba Rabu (7/8/2024), panitia melakukan pelepasan burung merpati.

Pelepasan sendiri dimaknai lepasnya Indonesia dari penjajahan Belanda. Sehingga hingga saat ini bisa bebas dan terbang bebas untuk menggapai tujuannya.

Kepala Desa Sogaan Yanto mengatakan, untuk suksesnya acara tersebut pihaknya menggandeng para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna setempat. Kemudian menentukan rangkaian yang akan digelar.

Berbagai macam jenis lomba telah disepakati untuk digelar, mulai dari lomba tingkat anak-anak, remaja hingga dewasa. Lomba yang berfokus kepada keterampilan hingga kekompakan.

"Di hari pertama kami lakukan pelepasan merpati, mengenang kebebasan Indonesia," katanya.

Sementara itu Ketua Panita Sunarwiyanto mengatakan, acara ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan keterbatasan anggaran tidak menyurutkan semangat pasukannya.

"Ini kolaborasi yang baik antara pemerintah desa dengan karang taruna," akunya.

Ia berharap kegiatan lomba ini dapat mempererat tali silaturahmi masyarakat, khususnya antara pemerintah desa dengan karang taruna.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network