PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Kabupaten Probolinggo terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan meluncurkan "Lapor Kand4" , merupakan pelayanan segala jenis pengaduan dan keluhan masyarakat yang ada di Kabupaten Probolinggo.
Launching Lapor Kand4 dilaksanakan di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Pemkab Probolinggo, di Jalan Raya Ahmad Yani, Kota Probolinggo, Jum'at (20/9/2023).
Kegiatan tersebut dihadiri PJ Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Forkopimda, OPD, seluruh Camat di Kabupaten Probolinggo, Ormas, Organisasi keagamaan dan Organisasi Wartawan.
Lapor Kand4 merupakan inovasi yang dicetuskan oleh PJ Bupati Ugas Irwanto, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat berbasis pesan singkat Whatsapp di nomor layanan 082-131-001-001.
Kata Kand4 adalah singkatan dari Kelola Aduan, Nasehat Ditindaklanjuti Agar Tuntas. Sedangkan angka 4 di belakang Kand4, bermakna empat tas dari slogan BUS PATAS yaitu Loyalitas, Kualitas, Efektifitas dan Tuntas. Sebagaimana program BUS PATAS yang menitikberatkan pada peningkatan kinerja perangkat daerah, di internal Pemerintah Kabupaten Probolinggo.
Masyarakat bisa langsung mengirimkan pesan singkat segala jenis keluhannya yang ada di Kabupaten Probolinggo dengan format :
Nama :
Alamat :
Nomor induk Penduduk (NIK) :
Rincian laporan :
PJ Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, mengatakan Lapor Kand4 merupakan bentuk pelayanan dan sarana masyarakat, untuk menyampaikan kekurangan atau keluhan yang ada di Kabupaten Probolinggo.
"Karena saya ingin pelayanan Kabupaten Probolinggo ini terus meningkat dan terus meningkat, karena saya mulai menjabat sebagai Sekda. Kalau saya ada di depan masyarakat, saya adalah pelayan dan itu terus saya pegang", ungkapnya.
Karena sebagai pelayan, lanjut Ugas, tuntutan masyarakat terus meningkat. Sehingga ia terus berinovasi dan berkreasi, agar pelayanan di Kabupaten Probolinggo terus meningkat.
"Nah dengan adanya lapor kand4, saya yakin masyarakat dari tingkat organisasi, profesi, warga miskin, kaya, siapapun mereka, saya yakin masih ada hal - hal yang belum terlayani. Sebenernya ini berat bagi saya tapi saya harus melakukan ini, kapan lagi kalau tidak dilakukan hari ini", tandas PJ Bupati Probolinggo.
Segala jenis permasalahan yang ada di Kabupaten bisa terselesaikan secara tuntas, sesuai dengan slogan Bus Patas yang terakhir yakni Tuntas.
"Apapun permasalahannya yang tidak bisa saya selesaikan sendiri, saya akan berusaha bersama tim agar bisa menindaklanjuti dan menyelesaikan secara tuntas, tetapi tidak harus hari ini selesai karena ada tingkat kesulitannya", ucapnya.
Dengan adanya Lapor Kand4 tersebut, ia siap 24 jam menerima segala jenis aduan masyarakat. Dengan harapan pemerintah akan lebih dekat dengan masyarakat, dan tidak ada lagi menyampaikan pendapat dimuka umum (Demo) sehingga laporan masyarakat lebih berkualitas dan tuntas.
Sementara itu, Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana, sangat mengapresiasi dan mendukung dengan adanya pelayanan aduan masyarakat lapor kand4 tersebut. Sehingga Kabupaten Probolinggo, akan lebih baik dan meningkat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
"Saya selaku Kapolres Probolinggo, mengucapkan selamat launcing pelayanan lapor kand4. Saya berharap dengan adanya lapor kand4 tersebut, semoga Pemkab Probolinggo menjadi lebih baik, maju dan meningkat dalam hal pelayanan. Polres Probolinggo selalu siap, untuk mendukung kemajuan masyarakat Probolinggo", ucap Kapolres Probolinggo.
Editor : Ahmad Hilmiddin
Artikel Terkait