Yuk Simak Manfaat Buah Pepaya Untuk Kulitmu !!

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Meski sederhana dan mudah dijumpai, manfaat buah pepaya tidak sesederhana itu. Pepaya kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk kulit.

Buah pepaya biasanya dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut sebelum ataupun sesudah makan. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa buah bercita rasa manis dan segar ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bahkan, menurut World Cancer Research Fund International, kebiasaan rutin mengonsumsi pepaya sebagai makanan penutup bermanfaat menangkal berbagai penyakit. 

Buah pepaya memang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Tidak heran jika kemudian pepaya diolah menjadi produk perawatan kulit.

Sabun pepaya aman digunakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Lantas, apa saja manfaat sabun pepaya untuk kulit? Berdasarkan kandungan nutrisinya, berikut berbagai manfaat sabun pepaya untuk kulit seperti dilansir dari KlikDokter:

Mencerahkan Kulit

Sesuai penuturan dr. Theresia Rina Yunita, pepaya mengandung enzim papain yang memberi manfaat untuk kulit. “Enzim dalam pepaya ini punya khasiat sebagai skin lightening dan eksfoliator, sehingga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit kusam,” katanya.

Penyebab umum kulit kusam adalah menumpuknya sel kulit mati. Nah, aktivitas eksfoliator ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Mengelupasnya sel kulit mati membuat kulit jadi terasa ringan dan terlihat lebih sehat.

Cara menggunakan sabun pepaya agar kulit cepat putih sebenarnya sama dengan penggunaan sabun seperti biasanya. Kamu perlu membasahi sabun dengan air, lalu menggosokkannya ke tangan agar berbusa. Kemudian, pijatkan busa sabun ke wajah secara merata lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mengatasi Kulit Belang

Kena paparan sinar matahari dalam waktu lama, bisa membuat kulit belang. Kondisi ini memang tidak menimbulkan masalah serius, tapi bisa mengurangi tampilan kulit kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sabun pepaya. Potensi sabun pepaya dalam mengangkat sel-sel kulit mati, secara bertahap bisa mengurangi munculnya bercak gelap di kulit.

Di samping itu, sabun pepaya juga punya manfaat dalam mengekang produksi melanin yang berlebihan di kulit wajah dan bagian tubuh lainnya. Melanin bertanggung jawab dalam memberikan warna gelap pada kulit, mata, dan rambut. Manfaat sabun pepaya ini tentu bisa membantu atasi kulit belangmu.

Meringankan dan Mencegah Jerawat

Menurut dr. Theresia, manfaat sabun pepaya untuk wajah yaitu punya kemampuan untuk mengurangi keparahan jerawat dan menekan pertumbuhannya. “Karena efek skin exfoliatornya, papaya juga bisa meringangkan dan mencegah jerawat dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan clogging (penyumbatan)”, papar dr. Dyah.

Di samping itu, papain juga efektif menghilangkan keratin yang rusak. Keratin adalah protein utama pada kulit. Bila keratin ini tidak dibersihkan, bisa menumpuk terus-terusan hingga menjadi benjolan kecil seperti jerawat.

Nah, manfaat sabun pepaya ini cukup ampuh untuk kamu gunakan sebagai perawatan kulit berjerawat. Namun, jangan sungkan untuk konsultasi ke dokter sebelum menggunakannya, ya.

Melembapkan Kulit

Memiliki kulit kering, tentu membuat kamu perlu berhati-hati dalam memilih sabun dan produk perawatan kulit. Lantas, apakah boleh menggunakan sabun pepaya? “Boleh, karena kandungan antioksidan dan vitamin dalam pepaya dapat meningkatkan elastisitas kulit serta kelembaban”, jawab dr. Dyah.

Mengurangi Peradangan di Kulit

Beberapa sabun mengandung detergen sintetis yang bertugas membersihkan kotoran. Sayangnya, bahan pembersih tersebut juga menghilangkan kelembapan alami kulit. Ini dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, rosacea, serta meningkatkan kekeringan dan gatal.

Sabun pepaya, di sisi lain, terbuat dari bahan-bahan alami. Kandungan enzim papain dapat memecah protein. Enzim ini juga bertindak sebagai anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan di kulit.

Mencegah Penuaan Dini

Siapa yang tak mau punya kulit selalu sehat, kenyal, dan awet muda tanpa kerutan? Jika kamu salah satunya, kamu bisa menggunakan sabun pepaya dengan rutin. Kandungan vitamin C dan zat antioksidan lainnya, membuat sabun pepaya mampu menangkal berbagai penyebab penuaan dini.

Dengan kandungannya tersebut, sabun pepaya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang bisa buat kamu awet muda. Ditambah lagi, antioksidan di dalamnya dapat mencegah kulit kamu kering, sehingga selalu lembap, kenyal, dan tidak berkerut.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network