Probolinggo Punya Wisata Baru Nih, Pekalen Fun Tubing di Desa Maron Kidul

Zainul Rifan
Pemotongan pita oleh Kades Ridwanto, sekaligus pelepasan balon ke udara oleh sejumlah tamu undangan (foto: Zainul rifan/iNewsprobolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo meresmikan Wisata Fun Tubbing, pada Sabtu (17/12/2022). Wisata tersebut terletak di Dusun Pekalen, RT 9 RW 3, Desa Maron Kidul. 

Rute menuju Wisata Pekalen Fun Tubing ini, cukup mudah dijangkau. Anda bisa mengunjunginya, dengan mengendarai mobil ataupun sepeda motor. Jaraknya sekitar 18 kilometer dari Kota Kraksaan atau lama perjalanan, sekitar 35 menit apabila menggunakan kendaraan bermotor.

Dalam kegiatan launching itu, hadir Camat Maron Hari Kriswanto, Kapolsek Maron Iptu Agus Supriyanto, Konsultan Progam Desa Berdaya Jawa Timur Budiyono, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Timur. 

Kegiatan dimulai dari sambutan kepala desa, camat dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Timur. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Kepala Desa Maron Kidul yang diiringi, dengan pelepasan sejumlah balon ke udara.

Kepala Desa Maron Kidul Ridwanto mengatakan, kegiatan launching digelar sebagai bentuk promosi kepada masyarakat, di mana di Desa Maron Kidul telah ada tempat wisata air, yang diberi nama Pekalen Fun Tubing.

Wisata baru tersebut, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa), di mana nantinya bakal bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Untuk kemudian, dapat memberdayakan masyarakat sekitar. 

"Untuk tiket masuknya, masih belum kita patok. Nanti kami diskusikan lebih lanjut. Sehingga dapat ditentukan harga tiketnya yang terjangkau, untuk masyarakat," terangnya.

Pria kelahiran Probolinggo, 18 agustus 1978 itu menceritakan, kalau sejatinya persiapan pembukaan wisata sudah disusun sejak 2019 lalu. Namun karena terkendala Pandemi Covid-19, sehingga mengharuskan wisata ditutup.

Sampai pada akhirnya tepat 17 Desember 2022, wisata yang memang bakal menjadi icon Desa Maron Kidul tersebut secaar resmi dibuka. Di mana harapannya, dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar. 

"Kami harap, masyarakat turut menjaga dan melestarikan wisata ini. Sehingga nantinya, bisa menjadi tujuan para wisatawan dan bisa memakmurkan desa," ucap ayah tiga anak itu.

Sementara Camat Maron, Hari Kriswanto mengaku sangat bangga dan berterimakasih, kepada Kades Maron Kidul. Dimana sudah mensuport pengembangan wisata yang diprediksi, bakal mempunyai banyak pengunjung.

Prediksi itu, dilatarbelakangi dari letak wisata yang cukup strategis dengan jalan. Serta, mudah dijangkau oleh wisatawan di mana suasana alamnya sangat pas untuk dijadikan tempat berwisata saat hari libur.

"Ini potensi besar kedepannya, karena bisa membawa desa lebih baik, termasuk mengangkat ekonomi desa menjadi lebih baik," katanya.

Hari menjelaskan, kalau dirinya berniat menganalisa potensi yang ada di desa lain, di Kecamatan Maron. Dengan harapan, desa-desa di Kecamatan Maron bisa berkembang dan mandiri.

"Saya sudah berkeliling di desa yang dapat dikembangkan, seperti Desa Brabe yang terdapat wisata seperti Dam Delapan. Tentunya, dapat dikembangkan nantinya," jelasnya.

Sementara Konsultan Progam Desa Berdaya, Jawa Timur Budiyono mengatakan, kalau Desa Maron Kidul merupakan desa mandiri. Sehingga mendapat reward senilai Rp 100 juta dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melalui progam desa berdaya.

Melalui progam tersebut, desa mandiri bisa mempunyai sesuatu yang dibanggakan. Seperti Desa Maron Kidul yang mengangkat dan mengembangkan potensi desa Wisata Pekalen Fun Tubing.

"Dana Rp 100 juta ini, adalah dana stimulan. Kemudian keberlanjutannya diberikan kepada Bumdes, untuk kemudian bisa berkreasi," paparnya.

Sekadar informasi, dalam pembukaan wisata baru tersebut respon masyarakat cukup baik. Pasalnya sesaat setelah launcing, masyarakat desa langsung mencoba secara bergantian sarana wisata air setempat. Bahkan sejumlah tamu undangan pun, turut asyikmenikmati Wisata Pekalen Fun Tubing.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network