Luhut Beberkan Rahasia Kehebatan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi

Gianto
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) : Luhut Binsar Pandjaitan (foto/sumber : iNews.id)

BALI, iNewsProbolinggo.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, membeberkan rahasia kehebatan ekonomi Indonesia begitu pascapandemi Covid-19. 

Menurut dia, kekuatan ekonomi Indonesia bukan hanya didorong oleh industrialisasi yang semakin maju dan ekspor komoditas, tetapi juga dari pertumbuhan ekonomi di desa. 

Luhut mengungkapkan, Program Dana desa yang dirancang hingga mencapai Rp500 triliun selama 7 tahun berdampak pada 74.000 desa di seluruh Indonesia yang tiap tahun menerima sekitar Rp1 miliar. 

"Itu membuat ekonomi resilient di desa, jadi di desa itu kegiatan ekonominya ada," ungkap Luhut dalam 4th Indonesia Fintech Summit 2022 secara virtual di Bali, Kamis(10/11/2022).

Dia menjelaskan, rata-rata desa sibuk dengan dana Rp1 miliar yanhg disalurkan langsung dari kementerian ke desa, sehingga dapat dimanfaatkan perangkat desa, termasuk untuk kegiatan yang menggerakan perekonomian. 

Luhut memaparkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia terus meningkat, menembus 5 persen sejak kuartal IV 2021. Performa Indonesia juga solid dibandingkan dengan peer countries. Meskipun gejolak global terjadi, ekonomi makro Indonesia tetap terjaga dengan baik. 

Sumber : https://inews.id/

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network