PPP Tepis Anggapan Kota Probolinggo Yang Dinilai Rawan Konflik Pemilu 2024

Gianto
Kantor Dewan Pimpinan Cabang PPP Kota Probolinggo. (Foto : Gianto/iNews.id)

PROBOLINGGO, iNews.id - Merespon informasi KPU Jatim, dimana Kota Probolinggo masuk kategori wilayah yang rawan terjadinya konflik dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu).

 

Akhirnya mendapatkan tanggapan, dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Probolinggo. Ketua Keanggotaan dan Kaderesasi (OKK) DPC PPP Kota Probolinggo, Zainullah Fatoni menilai kurang sepakat, dengan pendapat itu.

 

"Saya kurang sepakat," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (13/7/2022).

 

Meski demikian, ia tidak memungkiri Kota Probolinggo pernah mengalami insiden buruk, pada Pemilukada tahun 2014 lalu. Yakni terjadinya pembakaran pada sebuah mobil, saat proses penghitungan Pemilukada.

 

"Tapi pada pemilu tahun 2019, Kota Probolinggo sudah kondusif," jelasnya.

 

Menurut Zainullah Fatoni yang juga anggota DPRD Kota Probolinggo itu, rawannya konflik pada saat pemilu tidak hanya terjadi Kota Probolinggo saja. Tetapi semua daerah rentan terjadi konflik saat pelaksanaan pemilu.

"Karena di saat pemilu itu merupakan pertarungan kontestasi politik. Dan pertarungan kekuasaan," katanya.

Terjadinya konflik tersebut, menurut dia, kembali pada masing-masing para kontestan. "Yang bisa meminimalisir terjadinya konflik itu tergantung pada individual kontestannya," imbuh dia.

Politisi muda ini mengaku optimis pada pemilu 2024 mendatang, Kota Probolinggo kondusif. Sikap optimisnya itu bukan tanpa alasan, tetapi berdasarkan pengalaman pada pemilu 2019 kemarin Kota Probolinggo berlangsung aman dan kondusif.

Sementara saat disinggung target kursi PPP pada pemilihan legeslatif (Pileg) Pemilu mendatang, Zainullah Fatoni optimis partainya bisa mendapatkan 8 kursi. Target ini karena dengan masuknya mantan Wali Kota Probolinggo, Buchori menjadi pembina di partai PPP.

"Figur Pak Buchori masih berpengaruh, sehingga saya optimis suara PPP nanti akan mencapai kursi yang ditargetkan," pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network